Dokumen Rahasia: Osama Cemas Terhadap Mata-Mata dan Pelacak AS

redaksi.co.id - Dokumen Rahasia: Osama Cemas Terhadap Mata-Mata dan Pelacak AS Sejumlah dokumen rahasia milik jaringan milisi Alqaidah kembali ditemukan dan berhasil diterjemahkan oleh badan-badan intelijen...

2 0

redaksi.co.id – Dokumen Rahasia: Osama Cemas Terhadap Mata-Mata dan Pelacak AS

Sejumlah dokumen rahasia milik jaringan milisi Alqaidah kembali ditemukan dan berhasil diterjemahkan oleh badan-badan intelijen Amerika Serikat (AS).

Dalam dokumen tersebut, pemimpin Alqaidah, yakni Osama bin Laden cemas terhadap adanya agen mata-mata, termasuk operasi patroli drone di udara, dan kemungkinan dikirimkannya perangkat pelacak rahasia ke tempat persembunyian anggotanya.

“Terdapat 113 dokumen yang diterjemahkan dan diklasifikasikan oleh badan-badan intelijen AS. Sebagian besar (dokumen) tertanggal tahun 2009 dan 2011,” jelas pejabat intelien AS, seperti dikutip Reuters, Selasa (1/3).

Dalam salah satu dokumen, bin Laden menginstruksikan kepada anggota Alqaidah di Afghanistan agar waspada pada alat pelacak rahasia yang kemungkinan disematkan dalam koper berisi uang tebusan untuk membebaskan sandera-sandera di sana.

“Hal ini penting untuk menyingkarkan koper di mana dana dikirim. Sebab kemungkinan koper tersebut memiliki cip pelacak di dalamnya,” tulis bin Laden dalam surat instruksinya yang ditujukan kepada seorang tokoh bernama Syekh Mahmud.

Pada dokumen lainnya diterangkan tentang eksekusi yang dilakukan anggota Alqaidah terhadap empat calon relawan. Sebab mereka dicurigai sebagai agen mata-mata.

Selain itu, dalam dokumen lainnya juga dibahas tentang komitmen Alqaidah untuk melaksanakan jihad dalam skala global. Dengan kepemimpinan inti di Pakistan dan Afghanistan.

Osama bin Laden tewas dalam serangan yang digencarkan Navy SEAL AS pada 2 Mei 2011 lalu. Kendati pemimpin terbesar mereka telah tiada, Alqaidah masih kerap melakukan aksi teror di beberapa negara Timur Tengah.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!