Berbagai Tanggapan Mengenai Mundurnya Mahathir dari Partai

redaksi.co.id - Berbagai Tanggapan Mengenai Mundurnya Mahathir dari Partai KUALA LUMPUR -- Pernyataan mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad yang mundur dari partai berkuasa Perhimpunan Bangsa...

27 0

redaksi.co.id – Berbagai Tanggapan Mengenai Mundurnya Mahathir dari Partai

KUALA LUMPUR — Pernyataan mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad yang mundur dari partai berkuasa Perhimpunan Bangsa Melayu Bersatu (Umno) pada Senin (29/2) kemarin, menimbulkan beragam tanggapan dari kalangan Umno dan sejumlah pejabat negara Malaysia.

“Tindakan Tun Dr Mahathir keluar UMNO tidak mengejutkan,” kata anggota Majelis Tertinggi Umno, Datuk Dr Puad Zarkasih seperti dikutip Berita Harian di Kuala Lumpur, Selasa (1/3).

Menurut dia, anggota Umno sudah semakin matang dan bersatu karena telah memahami bahwa tindakan Mahathir sudah tidak relevan. “Sekurang-kurangnya sudah tiada duri dalam daging,” katanya.

Selanjutnya, dalam tajuk Komentar Berita Harian disebutkan bahwa tindakan Mahathir keluar partai bukanlah hal baru dan sudah kali kedua keluar dari Umno dan kali ketiga berada di luar partai itu.

Pertama, selepas dipecat pada 26 September 1969 ketika Tunku Abdul Rahman menjadi Presiden dan Perdana Menteri. Namun Mahathir masuk kembali partai tersebut pada 7 Maret 1972 setelah dibujuk oleh Tun Abdul Razak Hussein.

Kedua, pada 2008 dia keluar partai lagi dengan alasan tidak yakin kepada kepemimpinan Tun Abdullah Ahma md Badawi, Presiden UMNO dan Perdana Menteri ketika itu. Mahathir kembali menyertai Umno pada 4 April 2009 ketika Datuk Seri Najib Razak memegang kendali Presiden UMNO dan Perdana Menteri. Lalu pada Senin (29/2), Mahathir kembali menyatakan keluar dari Umno.

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!