Chris Rock Sentil Isu Rasisme Oscar

133

redaksi.co.id – Chris Rock Sentil Isu Rasisme Oscar

LOS ANGELES — Komedian Chris Rock tak kuasa untuk melontarkan komentar lucu terkait unjuk rasa atas tidak adilnya Piala Oscar untuk seniman berkulit hitam.

Mengenakan blazer putih dan dasi kupu-kupu, pembawa acara Oscar itu bercanda di hadapan undangan. “Saya hitung setidaknya ada 15 kulit hitam di montase (klip dari beragam film Hollywood yang diperlihatkan saat pembukaan Oscar),” ujar Chris.

Ia lalu mengenalkan dirinya sebagai pembawa acara Oscar. “Yang dikenal juga sebagai penghargaan khusus pilihan kulit putih, Anda sadar jika ada nominasi untuk pembawa acara, saya tidak akan mendapatkan pekerjaan ini.”

Menurut Chris, pada tahun 1950 atau 1960 tidak ada seniman kulit hitam yang memprotes minimnya nominasi bagi seniman kulit hitam. Katanya, sebab di era itu orang kulit hitam punya sesuatu yang sungguh-sungguh untuk diprotes.

“Kami ketika itu sibuk diperkosa dan ditindas untuk peduli siapa yang menang sinematografer terbaik,” katanya, dikutip dari Reuters, Senin (29/2). “Ketika nenek kamu bergelayutan dari pohon, sulit untuk peduli siapa yang menang kategori film pendek asing terbaik.”

(red/hmad/yaiku/AS)

loading...

Comments

comments!