MyFC PowerTrekk, Charger Ponsel Bertenaga Air

redaksi.co.id - MyFC PowerTrekk, Charger Ponsel Bertenaga Air , Stockholm - Dengan MyFC PowerTrekk, sumber tenaga telepon seluler Anda bukan lagi listrik, melainkan keran air,...

32 0

redaksi.co.id – MyFC PowerTrekk, Charger Ponsel Bertenaga Air

, Stockholm – Dengan MyFC PowerTrekk, sumber tenaga telepon seluler Anda bukan lagi listrik, melainkan keran air, sungai, bahkan genangan air. Alat yang menggunakan teknologi fuel cell mikro yang dikembangkan oleh KTH Royal Institute of Technology di Stockholm itu hanya membutuhkan air untuk mengisi ulang baterai ponsel hingga 3 watt.

Anders Lundblad, peneliti KTH yang membuat MyFC, mengatakan bahwa charger itu bisa memperoleh tenaga baik dari air tawar maupun air laut. Air yang dipakai pun tak perlu terlalu bersih.

“Temuan kami ini punya potensi besar,” kata Lundblad. “Banyak wilayah yang kekurangan atau tak punya listrik, padahal fungsi ponsel semakin penting, semisal mengakses informasi cuaca atau melakukan pembayaran elektronik.”

Sebuah konektor USB menghubungkan PowerTrekk dengan ponsel. Ketika air dituangkan ke atas cakram logam kecil dari sodium silicide di dalam perangkat charger, gas hidrogen akan dilepas dan berpadu dengan oksigen untuk mengubah energi kimia menjadi listrik. Energi ini cukup untuk menyuplai 25 hingga 100 persen kapasitas baterai iPhone.

Selain fuel cell, charger itu dilengkapi baterai lithium-ion, yang dapat menjadi sumber tenaga langsung maupun sebagai cadangan.

Lundblad telah melakukan riset fuel cell mikro dan membran pertukaran proton (PEM) selama 15 tahun di Department of Applied Electrochemistry KTH. Dia berencana mengembangkan teknologi tersebut untuk membuat fuel cell laptop.

“Peluncuran charger ini adalah upaya strategis agar fuel cell diterima masyarakat luas,” ujarnya. “Sekarang ini mungkin charger kami masih dianggap mahal. Tapi, dalam jangka panjang, ketika mencapai pasar massal, harganya akan turun.”

SCIENCE DAILY | AMRI MAHBUB

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!