Harta Raib Rp 359 Triliun, Pria Ini Telan Rugi Terbesar di Dunia

redaksi.co.id - Harta Raib Rp 359 Triliun, Pria Ini Telan Rugi Terbesar di Dunia Kekayaan miliarder asal Meksiko Carlos Slim Hel turun US$ 27,1 miliar atau...

25 0

redaksi.co.id – Harta Raib Rp 359 Triliun, Pria Ini Telan Rugi Terbesar di Dunia

Kekayaan miliarder asal Meksiko Carlos Slim Hel turun US$ 27,1 miliar atau setara Rp 359,75 triliun (kurs: Rp 13.275 per dolar AS) menjadi US$ 50 miliar atau Rp 663,75 triliun pada tahun ini. Pengusaha di bidang telekomunikasi ini menjadi miliarder yang hartanya paling tergerus terbesar di daftar orang terkaya dunia.

Dilansir dari Forbes, Rabu (2/3/2016), pemilik Telfonos de Mxico dan Amrica Mvil kini harus turun peringkat dari orang terkaya ke-2 di dunia menjadi posisi ke-4. Pada tahun 2014, Slim kehilangan gelar orang terkaya sejagat digeser Pendiri Microsoft Bill Gates.

Penurunan kekayaan bersih Slim adalah sebagian besar terkait dengan lemahnya kinerja Amrica Mvil (NYSE: AMX), perusahaan telekomunikasi nirkabel terbesar dan penyedia TV berbayar di Amerika Latin.

Saham Amrica Mvil ini terpukul pada 2015 hingga awal 2016 merespons aturan telekomunikasi baru di Meksiko, melemahnya mata uang peso serta memburuknya ekonomi Brasil yang sebagian besar disebabkan anjloknya harga minyak dunia.

Kondisi ini tak hanya menimpa Slim, total kekayaan bersih seluruh miliarder Meksiko turun sekitar 30 persen atau sekitar US$ 44,9 miliar dari US$ 142,9 miliar pada 2015 menjadi US$ 99,6 miliar.

Ini adalah tahun terburuk bagi miliarder Meksiko sejak 2013, ketika total kekayaan mereka sempat menyentuh US$ 148,6 miliar. Jumlah miliarder Meksiko yang masuk dalam daftar orang terkaya dunia berkurang 2 orang dan tidak ada pendatang baru di daftar itu.

Lengkapnya, berikut daftar 10 orang terkaya di dunia:

10. David Koch

David Koch adalah seorang pebisnis, filantropi dan aktivis politik asal Amerika. Ia bertengger di posisi 10 dengan aset mencapai US$ 39,6 miliar atau setara dengan Rp 526,1 triliun.

9. Charles Koch

Charles de Ganahl Koch adalah seorang Pengusaha Amerika dan filantropi. Dia adalah Pemilik, Ketua Dewan, dan CEO dari Koch Industries.

Sementara saudaranya David H Koch menjabat sebagai Executive Vice President. Kekayaan pria ini mencapai US$ 39,6 miliar atau setara dengan Rp 526,1 triliun.

8. Michael Bloomberg

Michael Rubens Bloomberg adalah pendiri Bloomberg L.P., multi-miliarder dan wali kota New York City periode 2002-2014. Ia adalah mitra umum di Salomon Brothers sebelum mendirikan perusahaan layanan perangkat lunak finansial tahun 1981.

Bisnis medianya sukses menyumbang kekayaan hingga US$ 40 miliar atau setara dengan Rp 531,4 triliun.

7. Larry Ellison

Lawrence Joseph Ellison adalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation.

Ellison memiliki bakat dalam matematika, dan pada masa mudanya bekerja untuk Perusahaan Ampex. Ia memiliki aset kekayaan mencapai US$ 43,6 miliar atau setara dengan Rp 579,2 triliun.

6. Mark Zuckerberg

Pendiri Facebook ini bertengger di posisi enam. Total kekayaannya mencapai US$ 44,6 miliar atau Rp 592,5 triliun.

5. Jeff Bezos

Jeff Bezos masuk posisi kelima dengan total kekayaan US$ 45,2 miliar atau Rp 600,5 triliun. Kekayaannya berasal dari perusahaan Amazon.com miliknya.

4. Carlos Slim Helu

3. Warren Buffet

Warren Edward Buffett adalah seorang investor dan pengusaha Amerika Serikat. Ia memiliki julukan Oracle of Omaha.

Buffett telah mengumpulkan kekayaan yang sangat besar dari kecerdikannya berinvestasi. Pria ini memiliki kekayaan US$ 60,8 miliar atau setara dengan Rp 807,6 triliun.

2. Amancio Ortega

Amancio Ortega Gaona adalah seorang eksekutif mode asal Spanyol sekaligus pendiri grup mode Inditex, yang terkenal karena mewadahi pertokoan ritel pakaian dan aksesoris Zara.

Pria ini bertengger di posisi kedua dengan kekayaan US$ 67 miliar atau setara dengan Rp 890,3 triliun.

1. Bill Gates

Bill Gates masih bertengger sebagai orang terkaya nomor satu di dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 75 miliar atau setara dengan Rp 996,3 triliun.

(Ndw/Gdn)

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!