Inilah Kampung Halaman T-Rex

redaksi.co.id - Inilah Kampung Halaman T-Rex , Inggris -Dinosaurus terganas, Tyrannosaurus rex , atau kerap disebut T-rex, ternyata bukan berasal dari Amerika Utara seperti dugaan...

58 0

redaksi.co.id – Inilah Kampung Halaman T-Rex

, Inggris -Dinosaurus terganas, Tyrannosaurus rex , atau kerap disebut T-rex, ternyata bukan berasal dari Amerika Utara seperti dugaan peneliti sebelumnya. Sebuah studi mengajukan dugaan dinosaurus bipedal ini sebenarnya berasal dari daerah lain.

Mungkin, T-rex sebenarnya spsesies imigran dari Asia, kata Paleontolog University of Edinburgh, Steve Brusatte seperti dilansir dari Live Science, Selasa, 1 Maret 2016. Kesimpulan ini didapatnya setelah menyusun pohon keluarga dinosaurus pemakan daging ini. Baca: Nenek Moyang Tyrannosaurus Rex Ditemukan, Badannya Kecil

Selama ini, tak banyak yang mengetahui garis keturunan T-rex, karena sedikitnya fosil yang tersedia. Namun, setiap situs penemuan fosil T-rex tersebar di benua yang berbeda-beda. Thomas Carr, rekan Brusatte sekaligus seorang professor biologi di Carthage College, mengatakan penemuan melingkupi di Asia, bagian barat dan timur Amerika Utara, hingga Eropa.

Carr mengatakan, hal ini dapat terjadi karena nenek moyang T-rex hidup di benua raksasa Pangea, yang terbelah-belah 200 juta tahun lalu. Setelah terpisah, masing-masing nenek moyang ini berevolusi di tempat mereka masing-masing.

Hingga akhirnya, 67 juta tahun lalu, permukaan laut antara Asia dan Amerika Utara menyurut sedemikian rupa, meninggalkan jembatan penghubung antara dua benua ini. Mungkin T-rex menyeberang lewat jalur ini, kata Carr. Kemungkinan ini dikuatkan dengan banyaknya fosil T-rex di bagian barat Amerika Utara, yang memiliki ciri tengkorak Asia.

Benua Asia sendiri pernah ditinggali dua kerabat T-rex, yakni Tarbosaurus dan Zhuchengtyrannus. Brusatte mengatakan, Tarbosaurus adalah versi Asia dari dinosaurus ganas ini, karena kemiripan ukuran, proporsi, hingga struktur gigi dan rahang. Sementara Zhuchengtyrannus, meski mirip, memiliki hubungan genetika yang agak jauh.

LIVE SCIENCE | URSULA FLORENE

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!