5 Trik Supaya Uang di Kantong Tak Cepat Habis

redaksi.co.id - 5 Trik Supaya Uang di Kantong Tak Cepat Habis Uang itu seperti gas, sangat cepat habis. Jika Anda hidup dengan terus menerus membayar tagihan,...

15 0

redaksi.co.id – 5 Trik Supaya Uang di Kantong Tak Cepat Habis

Uang itu seperti gas, sangat cepat habis. Jika Anda hidup dengan terus menerus membayar tagihan, mungkin akan sulit mewujudkan impian yang telah direncanakan setahun terakhir.

Lantas bagaimanakah agar kita bisa menyisihkan penghasilan untuk bisa memiliki simpanan. Melansir lifehack.org, Selasa (1/3/2016), berikut ini cara menyimpan uang di kantong:

1. Pikir Seberapa Besar Anda Dibayar per Jam

Banyak orang memulai hari dengan membeli sepotong bagel dan segelas orange juice atau secangkir kopi tiap harinya.

Padahal mayoritas orang hanya dibayar US$ 10 per jam. Kebiasaan inilah yang membuat orang menghabiskan uang tanpa sadar setiap hari kerja bahkan sebelum mereka mulai bekerja.

Jika Anda ingin menyimpan uang, hentikan kebiasaan tersebut. Tiap kali inginkan membeli sesuatu, pikirkan Berapa jam saya harus bekerja untuk membayar semua ini?. Jika memberatkan segera taruh barang tersebut kembali ke rak.

2. Manfaatkan Barang dan Pengalaman

Jika Anda selalu menghabiskan US$ 3 untuk membeli kopi Starbucks, mungkin Anda akan terkejut jika dalam setahun bisa menghabiskan US$ 700 US$ 1.000 per tahun untuk minuman yang bahkan habis dalam hitungan menit. Sebab itu mulailah kurangi membeli kopi di kedai. Dari yang tadinya setiap hari menjadi 2-3 kali seminggu.

3. Berpikir jika Akhiri Jam Kerja Lebih Awal Berarti Kehilangan Uang

Jika bos Anda menawarkan jam lembur, maka ambil lah daripada hanya menghabiskan malam sendiri di sofa rumah.

Jika honor lembur US$ 15 per jam dan Bos menawarkan honor berlipat, pikirlah kalau Anda bisa kehilangan US$ 60 hanya untuk menonton serial televisi kesukaan di rumah. Mungkin Anda tidak kehilangan uang tapi kehilangan potensi uang yang bisa dihasilkan.

4. Belanjakan Uang Seperlunya

Uang itu tidak berarti sampai Anda memberi makna padanya. Jika Anda memiliki uang sejuta dolar di bank dan tidak tersentuh. Itu hanya berupa angka di komputer. Tapi jika Anda memiliki US$ 100 dan menghabiskannya bersama istri dengan makan malam bersama mungkin Anda juga akan membuat memori yang akan terus dikenang sampai nanti. Jadi belanjakan uang seperlunya dan buat tiap sen nya berarti.

5. Uang yang Disimpan Sama dengan yang Anda Hasilkan

Ubahlah pola pikir Anda dari “menyimpan US$ 500 dengan tidak membeli donat setiap hari, menjadi menghasilkan US$ 500 dengan tidak membeli donat. Anda sama saja menghasilkan uang dari melepaskan kebiasaan buruk Anda. (Tia Asmara/Nrm)

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!