Jokowi Target Proyek LRT Palembang Kelar Sebelum Asian Games 2018

redaksi.co.id - Jokowi Target Proyek LRT Palembang Kelar Sebelum Asian Games 2018 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar kunjungan kerja ke Palembang Sumatera Selatan dalam rangka meninjau...

21 0

redaksi.co.id – Jokowi Target Proyek LRT Palembang Kelar Sebelum Asian Games 2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar kunjungan kerja ke Palembang Sumatera Selatan dalam rangka meninjau perkembangan pembangunan Light Rail Transit (LRT).

Ada beberapa hal yang disampaikan Jokowi terkait pembangunan LRT, yang salah satunya untuk mendukung keberlangsungan Asian Games 2018.

“September 2015 lalu, Gubernur Sumsel (Alex Noerdin) sampaikan ke saya bahwa di Palembang ini sudah sebagian ruas jalan itu macet. Beliau usul dari airport ke kota ada transportasi massal, saya sampaikan saya setuju,” ujar Jokowi di Palembang, Kamis (3/3/2016).

Jokowi mengatakan, bersedia memenuhi permintaan itu asal Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel menyiapkan lahannya. Sementara pemerintah pusat dari sisi konstruksi.

“Gubernur Sumsel juga bilang setuju. Bulan November keluar Perpres untuk pembangunan LRT di Sumsel. Dengan catatan LRT jangka pendek dipakai Asian Games 2018. Jangka panjang di semua kota di Indonesia diperlukan karena sudah macet,” jelas Presiden.

Menurut dia, harus ada koneksi antara jalur udara dan darat ke kota. Sehingga tidak ada lagi ruang untuk mobil pribadi ke bandara. Sehingga bisa menekan jumlah kendaraan pribadi masuk ke kota.

Jokowi mengatakan, ini merupakan visi jangka panjang di Sumsel, terutama di Palembang. Pembangunan LRT diharapkan selesai sebelum penyelenggaraan Asian Games.

“Anggaran kurang lebih Rp 7 triliun dari pusat, tapi tanggung jawab penuh ada di Pemprov Sumsel soal masalah lahan. Baik dari jalur LRT dan dipo-diponya. Kalau kerja bersama dilakukan, pusat dan daerah bisa kerja cepat sekali. Desember kerja konstruksi, dari airport ke kota sudah dimulai,” dia menambahkan.

Jokowi mengaku sejauh ini tidak menemukan adanya permasalahan pada proyek pembangunan LRT ini.(Nefri Inge/Nrm)

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article
  • Uncategorized

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!