5 Transfer Real Madrid yang Paling Menguntungkan Klub Penjual

redaksi.co.id - 5 Transfer Real Madrid yang Paling Menguntungkan Klub Penjual Real Madrid sudah lama dikenal sebagai klub yang kerap jor-joran dalam membeli pemain bintang. Setidaknya,...

41 0

redaksi.co.id – 5 Transfer Real Madrid yang Paling Menguntungkan Klub Penjual

Real Madrid sudah lama dikenal sebagai klub yang kerap jor-joran dalam membeli pemain bintang. Setidaknya, sejak era presiden klub Florentino Perez, di tahun 2000.

Maka itu, sering, transaksi-transaksi mereka di lantai bursa pemain menjadi rekor termahal di dunia. Bahkan, hingga saat ini, rekor pemain termahal dunia masih jadi milik Madrid, saat memboyong Gareth Bale dari Tottenham Hotspur pada 2013.

Mereka bahkan tidak peduli, meski harga yang mereka tawarkan untuk pemain yang diinginkan jauh di atas harga pasaran. Alhasil, klub-klub penjual sang pemain pun menangguk untung yang sangat besar.

Lalu, pemain mana saja yang membuat klub-klub lama mereka untung besar saat diboyong Real Madrid? Berikut lima transfer Real Madrid yang paling menguntungkan klub penjual.

5. Ricardo Kaka, 56, 75 Juta Euro (Rp 815 Miliar)

Klub Italia, AC Milan, memboyong Ricardo Kaka seharga 8,25 juta euro (sekitar Rp 118 miliar), dari Sao Paulo (Brasil) pada 2003. Enam tahun kemudian, mereka menangguk untung sangat besar saat melego sang pemain ke Real Madrid.

Ketika itu, Real Madrid berani menebus Kaka seharga 65 juta euro untuk memboyongnya ke markas mereka di Santiago Bernabeu. Alhasil, Milan menoreh keuntungan mencapai lebih dari 56 juta euro.

Tak hanya itu, selama sekitar enam musim, Kaka juga telah memberikan banyak untuk Milan. Salah satunya trofi bergengsi Liga Champions di musim 2006/07. Kaka juga sempat membawa Milan memenangkan scudetto 2003/04, Piala Super Italia, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub.

Sebaliknya, di Madrid, Kaka ternyata tak mampu berbuat banyak. Dia seperti kesulitan beradaptasi dan lebih banyak duduk di bangku cadangan. Alhasil, Real Madrid tak memperpanjangnya saat kontraknya habis pada 2003. Dan, Kaka kembali ke Milan secara gratis!

4. Luis Figo, 57,5 Juta Euro (Rp 826 Miliar)

Luis Figo pernah menjadi pemain pujaan Barcelona. Namun, karena uang yang berlimpah, manajemen Barcelona akhirnya rela melepas bintang asal Portugal itu ke klub rival utama mereka, Real Madrid.

Tak pelak, suporter Barcelona pun marah besar dan kemarahan itu terutama ditujukan kepada Figo, yang dianggap mata duitan. Di era Figo, duel el clasico lawan Real Madrid pun menjadi lebih panas.

Harga 60 juta euro yang disodorkan Real Madrid kepada Barcelona kemudian sempat menjadi rekor termahal dunia. Bahkan, mungkin juga merupakan transfer termahal yang pernah terjadi saat kedua klub bertransaksi.

Yang jelas, Barcelona meraup untung sangat besar. Bayang, pada tahun 1995, Barcelona hanya mengeluarkan 2,5 juta euro saat memboyong Figo dari Sporting Lisbon. Artinya, Barcelona untung 57,5 juta euro!

3. Zinedine Zidane, 70 Juta Euro (Rp 1 Triliun)

Zinedine Zidane kini telah menjadi pelatih Real Madrid. Namun, pada periode 2001-2006, dia pernah menjadi tulang punggung Madrid di lapangan.

Semasa masih tampil di lapangan, Zidane adalah maestro lapangan tengah Madrid. Gaya permainannya, aksi-aksinya selalu dinantikan suporter. Dia pun cukup sukses dengan melabuhkan trofi La Liga 2002/03, Liga Champions 2001/02, serta gelar Piala Super Spanyol dan Piala Dunia Klub.

Kontribusi dan prestasi yang dilabuhkan Zidane ini sepertinya setimpal. Sebab, dia didatangkan Madrid, pada tahun 2001, sangat mahal, 73,5 juta euro yang sempat jadi rekor transfer termahal kedua, ketika itu.

Klub Zidane sebelumnya, Juventus pun mendapat untung besar, 70 juta euro. Juventus makin untung, karena saat membela mereka, Zidane juga sukses melabuhkan total 6 gelar, dua di antaranya trofi Serie A.

2. Cristiano Ronaldo, 76,5 Juta Euro (Rp 1,09 Miliar)

Bisa dibilang, Cristiano Ronaldo kini telah menjadi salah satu legenda hidup Rel Madrid. Sejak bergabung pada tahun 2009, pemain asal Portugal itu seperti tak pernah berhenti membuat rekor.

Namun begitu, Manchester United, klub Ronaldo sebelumnya, tak perlu meratapi kepergian bintang gemilang mereka itu. Pasalnya, saat menjual pemain ganteng itu ke Madrid pada 2009, secara finansial MU untung 76,5 juta euro.

Ya, saat pertama kali mendatangkan Ronaldo dari klub Portugal, Sporting Lisbon, MU memang tak terlalu banyak mengeluarkan uang. Ketika itu, mereka menebusnya hanya dengan 17,5 juta euro.

Alex Ferguson, pelatih legendaris MU, yang ketika itu menangani Setan Merah, pun tak keberatan melepas Ronaldo. Sebab, bersama MU, Ronaldo sendiri sudah banyak berkontribusi, total 9 gelar bergengsi: tiga gelar Liga Inggris dan trofi Liga Champions 2007/08.

1. Gareth Bale, 86,3 Juta Euro (Rp 1,2 Triliun)

Transfer Gareth Bale dari Tottenham Hotspur tidak hanya menjadi penjualan pemain paling menguntungkan dalam sejarah sepak bola. Harga Bale yang mencapai 101 juta euro juga mencetak rekor sebagai transfer termahal dunia.

Padahal, sebelumnya Tottenham hanya mengeluarkan 14,7 juta euro saat mendatangkan Bale dari Southampton.Total, Tottenham untung 86,3 juta euro saat Real Madrid memboyongnya pada musim panas 2013.

Untungnya, di Real Madrid, Bale mampu membuktikan bahwa dirinya pantas dihargai semahal itu. Pada musim pertamanya, dia sukses mencetak 15 gol dari 27 laga. Jumlah itu termasuk banyak untuk seorang pemain sayap.

Memang, kiprah Bale belum sefenomenal Cristiano Ronaldo yang diboyong Madrid dari Manchester United pada 2009. Namun, dia usianya yang masih 26 tahun, Bale masih punya kesempatan terus membuktikan kapasitasnya.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!