Java Jazz Siapkan Tribute Khusus untuk Ireng Maulana

redaksi.co.id - Java Jazz Siapkan Tribute Khusus untuk Ireng Maulana Pengusaha sekaligus penggagas event Jazz Internasional Java Jazz, Peter F Gontha, mengakui, bukan tidak mungkin dalam...

11 0

redaksi.co.id – Java Jazz Siapkan Tribute Khusus untuk Ireng Maulana

Pengusaha sekaligus penggagas event Jazz Internasional Java Jazz, Peter F Gontha, mengakui, bukan tidak mungkin dalam penyelenggaraan Java Jazz tahun ini bakal digelar pertunjukan khusus atau tribute untuk Ireng Maulana, yang tutup usia pada Ahad (6/3) dini hari WIB.

Musisi Jazz senior itu meninggal dunia pada usia 72 tahun lantaran serangan jantung.

Menurut Peter, dirinya pertama kali mendengar kabar meninggalnya Ireng Maulana saat berada di lokasi penyelenggaraan Java Jazz 2016, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Peter pun menyebut, terakhir kali Ireng Maulana tampil di gelaran Java Jazz yaitu empat tahun lalu.

Sama dengan gelaran Java Jazz sebelumnya, Ireng Maulana pun harus absen dalam gelaran Java Jazz tahun ini. Hal ini terjadi lantaran kesibukan dan aktivitas yang terus dilakukan oleh adik dari gitaris Jazz, Kiboud Maulana, tersebut.

Namun, Peter memiliki kenangan tersendiri soal kiprah Ireng Maulana di gelaran Java Jazz.

“Ada banyak kenangan dengan Ireng di Java Jazz. Terakhir dia main kira-kira empat tahun lalu. Dia cuman main dengan all star saja, seperti Benny Likumahua, dan lain-lain,” ujar Peter saat ditemui di Rumah Duka Heaven, RS Dharmais, Slipi, Jakarta Barat, Ahad (6/3).

Bahkan, Peter menegaskan, pada penyelenggaraan Java Jazz tahun ini akan ada pertunjukan khusus sebagai bentuk dedikasi dan tribute terhadap Ireng Maulana. Namun, Peter belum bisa memastikan bentuk pertunjukan dan musisi atapun artis yang mengisi dalam tribute tersebut.

Menurutnya, hal ini akan dikomunikasikan terlebih dahulu dengan panitia penyelenggara. ”Pasti akan kami lakukan. Tapi Java Jazz kan memang selalu memberikan tribute kepada legenda-legenda Jazz yang telah mendahului kita,” tuturnya.

Sebelumnya, Ireng Maulana meninggal usai tampil di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Namun, begitu akan menuju lokasi pertunjukan berikutnya, Ireng sempat mengalami sesak nafas dan dilarikan ke Rumah Sakit Harapan Kita.

Di dalam perjalanan menuju rumah sakit, penggagas event internasional Jazz, Jak Jazz, itu akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

Usai disemayamkan di Rumah Duka Heaven, RS Dharmais, Slipi, Jakarta Barat, almarhum rencananya akan dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Ciganjur, Jakarta Selatan, pada Senin (7/3) besok.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!