Nancy Reagan Salah Satu Wanita Paling Berpengaruh di AS

149

redaksi.co.id – Nancy Reagan Salah Satu Wanita Paling Berpengaruh di AS

Amerika Serikat berduka atas wafatnya Nancy Reagan, mantan Ibu Negara Amerika Serikat. Janda mendiang Presiden ke-40 AS Ronald Reagan itu wafat dalam usia 94 tahun pada Minggu pagi waktu setempat akibat mengalami gagal jantung.

Nancy Reagan meninggal di rumahnya di Los Angeles, AS. Seperti dikutip dari FoxNews.com, Senin (7/3/2016) dini hari, Nancy akan dimakamkan di kawasan Gedung Perpustakaan Presiden Ronald Reagan di Simi Valley, California, tepat di samping makam suaminya.

Selama ini Nancy tinggal di Bel Air, Los Angeles. Kondisi kesehatan Nancy memang memburuk selama beberapa tahun terakhir.

Sebelum bertemu dengan sang suami Ronald Reagan, Nancy terjun di dunia akting. Adapun Reagan menjadi Presiden Amerika Serikat mulai 1981 hingga 1989.

Reuters menulis, hubungan pasangan tersebut diketahui sangat dekat. Bahkan, menurut sejumlah pengamat, Nancy Reagan mempunyai pengaruh kuat terhadap Presiden Reagan selama ia menjabat sebagai presiden di Gedung Putih.

Buktinya, sepanjang 1981-1989, Nancy Reagan setiap tahun terpilih sebagai salah satu dari 10 wanita paling dikagumi di dunia dalam jajak pendapat Gallup. Tiga kali ia menduduki posisi nomor wahid.

Boleh dibilang, Nancy Reagan adalah sosok pendamping istimewa bagi Ronald Reagan. Ronald Reagan pun kerap menyapa sang istri dengan panggilan sayang ‘Mommy’. Sedangkan Nancy Reagan memanggil sang suami dengan panggilan sayang ‘Ronnie’.

“Hidup saya benar-benar dimulai ketika saya menikah dengan suami saya,” ucap Nancy Reagan, beberapa waktu lalu.

Ronald Reagan lebih dahulu meninggalkan Nancy. Presiden ke-40 AS itu mengembuskan napas terakhir di kediamannya di kawasan Bel Air, Los Angeles, California pada Sabtu 5 Juni 2004. Ketika itu lelaki berusia 93 tahun tersebut meninggal karena penyakit alzheimer yang sudah 10 tahun diderita.

Nancy Davis Reagan lahir 6 Juli 1921 di New York City sebagai Anne Frances Robbins. Ayahnya adalah Kenneth Seymour Robbins, seorang salesman mobil bekas. Dan ibunya Edith P Luckett, juga seorang aktris.

Namun, orangtuanya bercerai ketika Nancy masih muda. Ibunya kemudian menikah lagi dengan Dr Loyal Davis, seorang ahli bedah saraf Chicago, yang mengadopsi dia. Nancy kemudian kuliah di jurusan drama Smith College.

(red//ur/sikin/MNA)

loading...

Comments

comments!