Mantan Ibu Negara AS Nancy Reagan Wafat dalam Usia 94 Tahun

redaksi.co.id - Mantan Ibu Negara AS Nancy Reagan Wafat dalam Usia 94 Tahun Mantan Ibu NegaraAmerika Serikat Nancy Reagan wafat dalam usia 94 tahun pada Minggu...

10 0

redaksi.co.id – Mantan Ibu Negara AS Nancy Reagan Wafat dalam Usia 94 Tahun

Mantan Ibu NegaraAmerika Serikat Nancy Reagan wafat dalam usia 94 tahun pada Minggu pagi waktu setempat. Menurut juru bicara janda mendiang Presiden AS Ronald Reagan tersebut, Nancy Reagan meninggal dunia lantaran mengalami gagal jantung.

Seperti dikutip dari FoxNews.com, Senin (7/3/2016) dini hari, Nancy Reagan meninggal di rumahnya di Los Angeles, AS. Rencananya, Nancy Reagan akan dimakamkan di kawasan Gedung Perpustakaan Ronald Reagan di Simi Valley, California, tepat di samping makam suaminya.

Sebelum pemakaman, menurut juru bicara, akan ada kesempatan bagi anggota masyarakat untuk memberikan penghormatan di Gedung Perpustakaan Ronald Reagan. Namun rincian belum diumumkan hingga Minggu sore waktu setempat.

Adapun sang suami, Ronald Reagan, lebih dahulu meninggalkan Nancy. Presiden ke-40 AS itu mengembuskan napas terakhir di kediamannya di kawasan Bel Air, Los Angeles, California pada Sabtu 5 Juni 2004. Ketika itu lelaki berusia 93 tahun tersebut meninggal karena penyakit alzheimer yang sudah 10 tahun diderita.

Nancy Reagan awalnya bekerja sebagai aktris Hollywood. “Hidup saya benar-benar dimulai ketika saya menikah dengan suami saya,” ucap Nancy Reagan, beberapa waktu lalu.

Selama 52 tahun menikah, mereka terkenal sebagai pasangan yang dekat dan saling setia. “Terima kasih Tuhan kami menemukan satu sama lain,” ujar Nancy dalam sebuah wawancara pada 1998. “Tidak bisa membayangkan hidup tanpa dia.”

Nancy Davis Reagan lahir 6 Juli 1921 di New York City sebagai Anne Frances Robbins. Ayahnya adalah Kenneth Seymour Robbins, seorang salesman mobil bekas. Dan ibunya Edith P Luckett, juga seorang aktris.

Namun, orangtuanya bercerai ketika Nancy masih muda. Ibunya kemudian menikah lagi dengan Dr Loyal Davis, seorang ahli bedah saraf Chicago, yang mengadopsi dia. Nancy kemudian kuliah di jurusan drama Smith College.

Nancy Davis memulai kariernya sebagai aktris dalam panggung, film dan televisi. Pada tahun 1951, ia bertemu Ronald Reagan. Mereka kemudian menikah pada 4 Maret 1952. Dan bagi Ronald Reagan itu adalah pernikahan keduanya setelah bercerai dengan aktris Jane Wyman. Pasangan Nancy dan Ronald Reagan pun memiliki 2 anak, yakni Patricia dan Ron.

Dalam karier di Hollywood, Nancy Reagan telah membintangi 11 film. Film terakhir, ‘Hellcats of the Navy’ (1956), Nancy berpasangan dengan suaminya.

Adapun Ronald Reagan menjabat sebagai Gubernur California dari 1967-1975. Selanjutnya saat suaminya mengikuti pemilihan presiden pada tahun 1980, Nancy Reagan meluncurkan proyek memerangi narkoba dan penyalahgunaan alkohol di kalangan anak muda. “Just Say No” menjadi jargon kampanyenya.

Nancy juga dikenal sebagai pelindung sengit dari suaminya, terutama setelah tahun 1981 ada percobaan pembunuhan terhadap Ronald Reagan.

Sepanjang 1981-1989, Nancy Reagan setiap tahun terpilih sebagai salah satu dari 10 wanita paling dikagumi di dunia dalam jajak pendapat Gallup. Tiga kali ia menduduki posisi nomor wahid.

Pada 1987, Nancy didiagnosis menderita kanker payudara. Setelah menjalani operasi yang sukses, ia pun berkampanye mengenai kepedulian wanita terhadap kanker.

Setelah sang suami pensiun sebagai presiden dua periode, pasangan itu meninggalkan Washington menuju California. Namun pada tahun 1994, mantan Presiden AS itu mengumumkan telah didiagnosis dengan penyakit alzheimer. Nancy pun menghabiskan sebagian besar waktunya untuk merawat suami tercinta hingga wafat pada 5 Juni 2004.

Sebagai janda, Nancy Reagan tetap aktif dalam Perpustakaan Ronald Reagan. Saat usia semakin tua dan lemah, Nancy pun jarang tampil di hadapan publik.

Artikel Menarik Lainnya:

Nancy Reagan Salah Satu Wanita Paling Berpengaruh di AS

Bangkai Pesawat Indonesia Jadi Restoran di China

Target Sederhana Rio Haryanto Saat Debut di Melbourne

Liverpool Menang Dramatis, Klopp Puji Benteke

Pemprov DKI Kembali Temukan Kulit Kabel

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!