Pemain Timnas Wanita AS Sumbangkan Otaknya Demi Riset

redaksi.co.id - Pemain Timnas Wanita AS Sumbangkan Otaknya Demi Riset Mantan pemain tim nasional wanita Amerika Serikat Brandi Chastain berjanji menyumbangkan otaknya untuk penelitian ensefalopati traumatik...

32 0

redaksi.co.id – Pemain Timnas Wanita AS Sumbangkan Otaknya Demi Riset

Mantan pemain tim nasional wanita Amerika Serikat Brandi Chastain berjanji menyumbangkan otaknya untuk penelitian ensefalopati traumatik kronis atau CTE.

CTE adalah penyakit otak degeneratif yang bisa menyebabkan gejala seperti kehilangan memori, rasa gusar, dan perubahan suasana hati. Para ilmuan yakin benturan kepala diakibatkan penumpukan protein yang tak normal di otak.

“Saya berharap pengalaman saya dalam sepak bola dan apa yang saya dapat, bisa menempatkan sepak bola di tempat yang lebih baik dibandingkan ketika saya memulainya,” kata Chastain kepada wartawan, dilansir dari Gazzetta World, Minggu (6/3) sore.

Wanita 47 tahun tersebut mengakui dirinya berlatih sundulan sejak kecil. Oleh karena itu pengalamannya pasti berharga untuk riset peyakit otak.

“Ini menakutkan kalau dipikir-pikir, tentang sundulan dan potensi gegar otak yang tidak pernah didiagnosis dalam hidup saya. Namun lebih baik untuk mengetahuinya sekarang,” tutur juara Piala Dunia Wanita 1999 tersebut.

Chastain mengangkat trofi juara Piala Dunia dua kali, tapi yang paling mengesankan publik kala dalah selebrasinya usai mencetak gol dari titik penalti tahun 1999 melawan Tiongkok.

© Brandi Chastain, mantan pemain timnas wanita AS akan menyumbangkan otaknya untuk riset. (Mike McGreg… Brandi Chastain

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!