BBM Malaysia Mengalir ke Mobil Rio Haryanto Lewat Mercedes

redaksi.co.id - BBM Malaysia Mengalir ke Mobil Rio Haryanto Lewat Mercedes Forbes berhasil mengungkap kontrak rahasia antara Mercedes dengan tim Formula 1 asal Inggris Manor Racing....

5 0

redaksi.co.id – BBM Malaysia Mengalir ke Mobil Rio Haryanto Lewat Mercedes

Forbes berhasil mengungkap kontrak rahasia antara Mercedes dengan tim Formula 1 asal Inggris Manor Racing. Selain menjadi pemasok mesin, perusahaan asal Jerman itu ternyata menyuplai bahan bakar dan pelumas mobil yang digunakan pembalap Manor pada balapan Formula 1 musim ini.

Namun dalam laporannya, Forbes juga menganggap perjanjian ini tidak lazim. Pasalnya, Mercedes selama ini dikenal bukan sebagai pemasok bahan bakar dan pelumas. Bahan bakar yang digunakan Mercedes juga disuplai perusahaan Malaysia, Petronas, yang merupakan sponsor utama tim.

Sebelumnya, Manor Racing sebenarnya sempat merilis spesifikasi mobil MRT05 milik pembalap muda Indonesia, Jet darat tunggangan pembalap asal Solo tersebut ternyata “meminum” bahan bakar buatan Negeri Jiran Malaysia, Petronas Primax dan pelumas Petronas Syntium.

Namun seberapa besar pasokan bahan bakar untuk tim Manor Racing? Sejauh ini Forbes sulit menentukan besaran pastinya karena setiap tim selalu menyimpan rapat data pengeluarannya. Namun diperkirakan konsumsi bahan bakar masing-masing tim bisa mencapai angka 1,8 juta USD.

Angka ini berasal dari pengeluaran tim Caterham F1, 2014 lalu. Saat itu administrator punya kewajiban merinci pengeluaran di seri terakhir yang berlangsung di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi. Langkah ini merupakan buntut dari krisis finansial yang dialami Caterham usai terlilit utang.

Saat itu, total bahan bakar yang digunakan selama balapan dan dua hari uji coba mencapai 113 ribu USD. Selama race berjalan, pembalap Caterham Will Stevens dan Kamui Kobayashi melahap 33 lap. Sementara saat tes, pembalap pertama berkendara mengelilingi Yas Marina sebanyak 178 kali.

Nah bila dirata-ratakan, total biaya per lap mencapai 302.32 USD. Dan bila dikonversi ke balapan Formula 1 musim 2016, maka setiap tim bakal menghabiskan dana 1.8 juta USD untuk bahan bakar.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!