Hamilton Tolak Pemakaian "Halo"

136

redaksi.co.id – Hamilton Tolak Pemakaian "Halo"

Juara Formula One 2015, Lewis Hamilton menentang wacana pemakaian instrumen “halo” di dalam mobil peserta F1 2016. Ia menilai pemakaian alat keselamatan itu hanya akan membuat F1 jadi semakin tak menarik.

Halo adalah sistem pelindung kepala pebalap yang terdapat di bagian kokpit. Palang yang terdapat di atas kepala pembalap diperkenalkan tim Ferrari yang menjajalnya di hari ketiga pengujian Barcelona, Kamis (3/3/2016).

Menurut Hamilton, F1 adalah olahraga penuh risiko yang sudah disadari oleh setiap orang, karenanya pemakaian instrumen keselamatan tak diperlukan lagi.

“Seperti yang saya katakan di instagram, saya menolaknya. Jika memang akan hadir, maka sebaiknya itu berupa pilihan apakah mau dipakai atau tidak sebab saya tidak akan menggunakannya di mobil saya,” ujar pebalap tim Mercedes itu dilansir PlanetF1.

“Saya berharap mereka tidak membawanya untuk itu. Saya sungguh-sungguh. Pada akhirnya, sistem perlindungan pebalap harusnya bersifat individual. Saya mesti memutuskan sendiri apa yang harusnya terdapat di mobil saya sebab itu tidak akan jadi pilihan saya. Saya senang dengan cara itu. Ketika saya masuk kokpit, saya tahu ada risiko tertentu,” tutur pebalap asal Inggris ini.

“Keselamatan adalah masalah yang sangat penting. Tapi, ada risiko yang harus kita ambil dan Anda harus berani memutuskannya. Saya lebih suka balapan tanpa itu dan mengambil segala risikonya,” kata Hamilton.

Opini berbeda dilontarkan pebalap Tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel. Pebalap asal Jerman ini menilai teknologi “Halo” sangat penting untuk menjaga keselamatan, dan para pebalap hanya membutuhkan waktu agar lebih terbiasa dengan teknologi tersebut.

Setelah berkesempatan untuk menjajal teknologi Halo di tes pramusim hari keempat di Sirkuit Katalunya tengah pekan ini, Vettel mengaku semua baik-baik saja.

Pemegang empat gelar juara dunia F1 ini menambahkan teknologi Halo dapat menjadi sebuah evolusi baru di ajang jet darat tersebut.

Saya pikir, secara keseluruhan semuanya baik-baik saja, Anda bisa melihat apa yang ingin Anda lihat. saya pikir Anda bisa melihat evolusi dalam waktu dekat, ujar Vettel, seperti dikutip dari Crash.

Sejujurnya, saya setuju bahwa teknologi itu sangat tidak enak untuk dilihat, tapi jika itu dapat membantu untuk meningkatkan keamanan dan memberikan perlindungan, kenapa tidak?,” katanya.

(red/ovi/riawan/NT)

loading...

Comments

comments!