Harga Emas Turun dari Level Tertinggi dalam 13 Bulan

redaksi.co.id - Harga Emas Turun dari Level Tertinggi dalam 13 Bulan Harga emasberjangka melemah pada awal pekan ini sehingga gagal mempertahankan kenaikan usai reli pada pekan...

22 0

redaksi.co.id – Harga Emas Turun dari Level Tertinggi dalam 13 Bulan

Harga emasberjangka melemah pada awal pekan ini sehingga gagal mempertahankan kenaikan usai reli pada pekan lalu. Tekananharga emas dipicu reli harga minyak yang membantu menarik investor beralih ke aset lebih berisiko.

Harga emas untuk pengiriman April melemah US$ 6,7 atau 0,5 persen ke level US$ 1.264 per ounce di divisi Comex.

Harga emas telah reli 4,1 persen pada pekan lalu sehingga mengangkat harga emas sentuh level tertinggi sejak awal Februari tahun lalu. Sementara itu, harga perak melemah 0,4 persen menjadi US$ 15.633 per ounce.

“Harga emas terlalu naik cepat sehingga butuh koreksi. Akan tetapi, penguatan pada pekan lalu menjadi momentum bagi pelaku pasar, sehingga membangun posisi untuk pembeli jangka panjang,” ujar Kepala Riset BullionVault, Adrian Ash, seperti dikutip dari laman Marketwatch, Selasa (8/3/2016).

Penguatan harga minyak juga mendorong harga emas tertekan. Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik lebih dari lima persen. Diikuti harga minyak Brent menguat 5,17 persen sehingga menyentuh level di atas US$ 40 per barel untuk pertama kali pada 2016.

“Harga minyak sentuh level di atas US$ 40 per barel dan indeks saham S&P 500 bergerak di atas 2.000 ini menunjukkan kalau investor pindah ke aset berisiko sehingga mengurangi eksposur investasi mereka di safe haven,” kata Fawad Razaqzada, Analis Forex.com.

Pada pekan ini, ada sejumlah sentimen yang mempengaruhi harga emas. Ada potensi harga emas menguat meski ada harapan kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS) lebih lanjut.

Akan tetapi, pelaku pasar masih khawatir terhadap kondisi ekonomi global dan bank sentral memberlakukan suku bunga negatif dapat meningkatkan daya tarik logam.

Analis Commerzbank menyebutkan dalam riset kalau harapan bank sentral Eropa untuk memudahkan kebijakan moneter juga dapat memberikan dorongan lebih lanjut untuk harga emas. (Ahm/Ndw)

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 – 09.00 WIB. Klik di sini

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!