Ilmuwan Australia Miliki Inti Es Purba Paling Dicari

redaksi.co.id - Ilmuwan Australia Miliki Inti Es Purba Paling Dicari TASMANIA -- Misi untuk mengungkap rahasia inti es berusia jutaan tahun dari kedalaman Antartika akan ditampilkan...

24 0

redaksi.co.id – Ilmuwan Australia Miliki Inti Es Purba Paling Dicari

TASMANIA — Misi untuk mengungkap rahasia inti es berusia jutaan tahun dari kedalaman Antartika akan ditampilkan dalam konferensi ilmiah mengenai perubahan iklim yang akan digelar selama sepekan di Hobart mulai hari ini.

Sekitar 200 ilmuwan dari 22 negara berada di Tasmania untuk menghadiri event Konferensi Kemitraan Internasional di bidang Ilmu Inti Es yang diselenggarakan Divisi Antartika Australia dan Pusat Kerjasama Penelitian Iklim dan Ekosistem Antartika.

Meskipun penemuan bongkahan es purba berusia jutaan tahun merupakan benda paling dicari selama ini dalam riset inti es, Namun fokus utama dari konferensi ini adalah mempelajari, temuan awal dari ekspedisi yang diketuai oleh Australia di tahun 2013 dan 2014 tersebut.

Ketua konferensi Dr Tas van Ommen mengatakan riset yang dilakukan di Aurora Basin, sebuah pesisir di Antartika yang belum pernah dieksplorasi sebelumnya. “Ada terpaut setengah jalan antara catatan inti es yang paling lama yang digali di daratan antartika oleh orang Eropa dengan catatan yang kita miliki sekarang yang berasal dari daerah pesisir Antartika, kata Dr van Ommen.

“Melalui penelitian ini Kita ingin mengetahui bagaimana iklim berubah. Untuk pertama kalinya, kita mampu melihat adanya kaitan yang amat kuat antara suhu selama 200 tahun terakhir di pesisir dan juga daratan. Dan temuan ini cukup penting,” ujarnya.

Dr van Ommen mengatakan inti es memiliki kaitan yang kuat dalam memahami perubahan iklim dan lingkungan di Australia.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!