Barcelona Rilis Desain Baru Camp Nou

150

redaksi.co.id – Barcelona Rilis Desain Baru Camp Nou

Barcelonasecara resmi mengumumkan akan merenovasi stadion kebanggaan mereka yakni Camp Nou. Pembangunan akan dimulai pada Mei 2017 dan diperkirakan rampung pada Febuari 2021.

Nikken Sekkei dan Pascual i Ausio Aquitectes, adalah dua perusahaan yang berhasil memenangkan tender untuk menangani proyek yang diberi nama Espai Barca.

Espai Barca adalah sebuah kompleks olahraga di dalam stadion Barcelona yang rencananya akan mampu menampung 12 ribu kursi. Lalu, di sana juga terdapat fasilitas lain seperti arena es, area sosial untuk para suporter, mall, perkantoran dan tempat parkir untuk 5000 kendaraan.

Proyek ini dikabarkan akan menelan biaya sebesar 600 juta euro (Rp 90 triliun). Kapasitas stadion tim asal Catalunya itu akan meningkat menjadi 105 ribu kursi dari sebelumnya 98.772, sementara pada bagian atas juga akan ditambahkan atap yang bisa dibuka dan tutup.

Di sisi lain, alasan para petinggi klub menerima Proposal Nikken Sekkei dan Pascual I Ausio Arquitectes, adalah tak lain karena mereka mampu mempersembahkan desain yang dinlai terbuka, anggun, nyaman, bernuansa Mediterania dan demokratis.

Hal yang menjadi pertimbangan Blaugrana lainnya adalah lantaran perusahaan asal Jepang tersebut sudah lebih dari 100 tahun eksis di bidang studi teknik dan arsitektur, dan juga yang terbaik di Asia saat ini.

Perusahaan ini juga adalah aktor dibalik berdirinya kedua stadion yang berada di Jepang, yakni Siatama Super Arena dan The Big Swan Stadium.

Kedua perusaan itu mengajukan sebuah solusi menarik untuk mengganti tampilan tribun dan langit-langit di CampNou. Namun, mereka tetap mempertahankan nilai-nilai kultur dan juga filosofi yang sudah tertanam di stadion yang dibangun oleh Francesc Mitjans pada 1957 itu.

Sementara itu, presentasi pembangunan proyek tim peraih lima trofi Liga Champions itu, baru akan diumumkan dalam beberapa minggu mendatang.

Pameran yang akan digelar di kota Sala Paris itu bersifat terbuka untuk umum, dan akan menyuguhkan informasi-informasi secara detil terhadap perubahan yang akan terjadi di semua fasilitas olahraga milik Los Azulgrana.

Sementara itu, pameran proyek pembangunan stadion itu sudah dibuka sebelumnya di pelataran Camp Nou, pada Rabu, 2 Maret 2016. Saat itu, antusiasme para pengunjung dinilai sangat tinggi. Total 6667 orang telah hadir melihat pameran tersebut.

© Barcelona berencana membangun Estadio Camp Nou dan diperkirakan rampung pada Mei 2017. (Barcelona) Camp Nou

(red/hmad/yaiku/AS)

loading...

Comments

comments!