Terkena Banjir, SMA Negeri 8 Jakarta Siapkan Tangga Evakuasi

redaksi.co.id - Terkena Banjir, SMA Negeri 8 Jakarta Siapkan Tangga Evakuasi , Jakarta - SMA Negeri 8 Jakarta, sekolah yang terletak di dalam Kompleks Perumahan...

17 0

redaksi.co.id – Terkena Banjir, SMA Negeri 8 Jakarta Siapkan Tangga Evakuasi

, Jakarta – SMA Negeri 8 Jakarta, sekolah yang terletak di dalam Kompleks Perumahan RT 001 RW 012 Kelurahan Bukit Duri, mulai dimasuki air banjir kiriman dari Sungai Ciliwung, Selasa ini. Pihak sekolah menyiapkan tangga darurat untuk mengevakuasi para murid yang sedang menempuh ujian sekolah.

“Murid-murid sedang ujian sekolah, nanti biar mereka pulang lewat tangga ini. Mungkin selesai jam 1 siang,” kata Katno, salah seorang pegawai SMA 8 Jakarta yang sedang menyiapkan tangga darurat tersebut kepada Tempo, Selasa, 8 Maret 2016.

Katno berujar bahwa air mulai masuk sekitar pukul 8.00. Saat itu, kata dia, murid-murid sedang mengerjakan soal ujian akhir sekolah. Ketika air mulai masuk, siswa kelas 12 yang berada di lantai 1 dipindahkan ke lantai 3. “Tadi pagi belum ada air masuk,” tuturnya.

Berdasarkan pantauan Tempo, lantai pertama SMA Negeri 8 Jakarta dipenuhi air dengan tinggi sekitar 30-40 sentimeter.

Beberapa kelas dan fasilitas sekolah juga terendam air. Namun, siswa yang mengikuti ujian masih bisa mengerjakan ujian di ruangan yang kering. Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan banjir di wilayah-wilayah pemukiman sekitar bantaran Sungai Ciliwung.

Hal ini disebabkan oleh hujan deras yang melanda daerah Puncak dan membuat tinggi muka air Sungai Ciliwung naik dengan cepat.

Berdasarkan pantauan Pusdalops (Pusat Pengendali Operasi) BPBD DKI Jakarta, tinggi muka air di Bendung Katulampa terukur 200 cm pada Senin 7 Maret 2016 pukul 22.00 WIB. Ini menunjukkan level Siaga 1,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Senin, kemarin. BNPB memperkirakan banjir kiriman datang 9-11 jam setelahnya. ARKHELAUS WISNU

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!