Selain Maria Sharapova Ini Nama Atlet Yang Gunakan Meldonium

redaksi.co.id - Selain Maria Sharapova Ini Nama Atlet Yang Gunakan Meldonium , Jakarta - Maria Sharapova bukan atlet satu-satunya yang menggunakan doping Meldonium. Meskipun Badan...

35 0

redaksi.co.id – Selain Maria Sharapova Ini Nama Atlet Yang Gunakan Meldonium

, Jakarta – Maria Sharapova bukan atlet satu-satunya yang menggunakan doping Meldonium. Meskipun Badan Anti Doping Dunia (WADA) baru memasukan Meldonium sebagai obat terlarang bagi atlet, namun beberapa atlet Eropa Timur sudah terindikasi menggunakan zat terlarang yang mulai efektif dilarang sejak 1 Januari 2016.

Meldonium, menurut NCBI (National Centre for Biotechnology Information) lembaga resmi Amerika serikat yang menjadi rujukan WADA sangat membantu olahragawan. Meldonium dapat meningkatkan daya tahan atlet, membantu rehabilitasi atlet saat latihan. Dan yang tidak kalah penting Meldonium memberikan perlindungan atlet dari stres. Meldonium sendiri diproduksi oleh perusahaan farmasi Latvia, Grindeks.

Atlet lain selain Sharapova yang menggunakan Meldonium adalah penari es asal Rusia Ekaterina Bobrova. Atlet olimpiade Rusia yang juga model kelahiran 1990 ini pada 7 Maret lalu terbukti mengumumkan mengunakan Meldonium untuk kejuaraan tingkat Eropa.

Pembalap sepeda asal Rusia Eduard Vorganov 33 tahun, pada Februari 2016 juga positif menggunakan Meldonium. Vorganov langsung dilarang menjadi pembalap di semua ajang balap sepeda.

Bulan yang sama atlet biathlon asal Ukraiva, Olga Abramova juga ketahuan menggunakan Meldonium untuk meningkatkan penampilanya. Abramova kelahiran 1988, terbukti positif menggunakan meldonium saat berlaga di seri Piala Dunia.

Atlet Ukraina lainya Artem Tyshchenko juga gagal tes doping pada International Biathlon Union Februri 2016. Artem Tyshchenko peraih medali perunggu di kejuaraan dunia junior biathlon tahun 2012 juga menggunakan Meldonium.

Sebelumnya, Petenis Maria Sharapova dinyatakan gagal dalam tes obat dalam persiapan menjelang Autralian Open yang digelar tahun ini. Sharapova menyatakan siap menerima hukuman dari International Tennis Federation (ITF).

Obat itu menurut dia merupakan rekomendasi dari dokternya setelah petenis cantik itu mengalami detak jantung tak wajar dan menunjukan gejala awal diabetes. Dia membantah mengkonsumsi Meldonium untuk meningkatkan performanya. Dia juga mengaku baru tahu bahwa Meldonium telah dinyatakan ilegal. NBIC|BBC|EVAN PDAT

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!