AS Masih Setia Impor Kopi Indonesia

145

redaksi.co.id – AS Masih Setia Impor Kopi Indonesia

Amerika Serikat hingga awal tahun 2016 masih menjadi negara pengimpor terbesar kopi, teh, dan rempah-rempah yang dihasilkan Provinsi Sumatera Utara.

“Bahkan ada tren peningkatan permintaan kelompok barang kopi dari AS di awal tahun 2016,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Wien Kusdiatmono seperti ditulis Antara Medan, Minggu.

Pada Januari 2016, nilai ekspor kelompok barang itu ke AS naik 30,37 persen dari periode sama 2015 atau mencapai permintaan beragam kualitas.

Dari sebesar USD 20,933 juta pada Januari 2015 menjadi USD 27,291 juta di Januari 2016.

Selain ke AS, golongan barang tersebut juga diekspor ke negara lain, di antaranya Singapura, Jepang, Kanada, dan Inggris.

Wakil Ketua Umum Bidang Speciality dan Industri Kopi Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Sumut, Saidul Alam mengatakan, ekspor kopi sumut diakui terbesar ke AS. Ekspor kopi Sumut ke AS ada di kisaran 65 persen dari total ekspor daerah itu.

Meski ada kenaikan permintaan dari beberapa negara termasuk China, tetapi ekspor kopi Sumut tetap terbesar ke AS.

Menurut dia, besarnya impor kopi ke AS karena dipicu dijadikannya kopi dari Sumut itu sebagai bahan pencampur kopi produk perusahaan kopi di negara tersebut.

Kondisi itu tercermin dari impor AS yang terdiri dari banyak jenis dan kualitas kopi Sumut mulai yang bermutu tinggi hingga standar.

Menurut Saidul, meski kualitas tanaman kopi petani belum 100 persen bagus, tetapi sudah mengarah ke komoditas yang bermutu.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

loading...

Comments

comments!