AS Tempatkan Pesawat Pengebom Jarak Jauh di Australia

83

redaksi.co.id – AS Tempatkan Pesawat Pengebom Jarak Jauh di Australia

Amerika Serikat ingin menempatkan pesawat pengebom jarak jauh, atau bomber jenis B-1 serta pesawat pengintai di Australia, setelah adanya kekhawatiran ekspansi militer Cina di kawasan Asia Pasifik.

Komandan Angkatan Udara Amerika Serikat-Pasifik, Jenderal Lori Robinson mengungkapkan telah ada pertemuan tingkat tinggi untuk penempatan sementara pesawat bomber B-1 dan tanker udara di Kawasan Australia Utara.

“Kami sedang dalam proses berbicara tentang kekuatan rotasi, pesawat pengeboman dan kapal tanker dari Australia (Tindal dan Darwin) yang memberikan kesempatan untuk berlatih dengan Australia”, kata Jenderal Robinson kepada wartawan di Canberra.

“Ini memberikan kesempatan untuk memperkuat hubungan yang sudah kita memiliki dengan Royal Australian Air Force (RAAF, Angkatan Udara Australia) dan kesempatan melatih pilot untuk memahami medan dan pentingnya memperkuat hubungan kita dengan sekutu besar kami, RAAF,” ujarnya.

Jenderal Robinson menegaskan Amerika Serikat akan terus terbang di atas Laut Cina Selatan dan berlayar melalui Selat Malaka yang disengketakan, meskipun ia menyadari adanya risiko ‘salah perhitungan’ akibat dampak dari militer Cina yang melakukan pembangunan pesat di kawasan Laut Cina Selatan.

(red/ovi/riawan/NT)

loading...

Comments

comments!