2 Tahun Raib, Tak Ada Tanda MH370 Ditemukan

redaksi.co.id - 2 Tahun Raib, Tak Ada Tanda MH370 Ditemukan , Jakarta - Dua tahun setelah pesawat Malaysia Airlines MH370 menghilang, penyelidik melaporkan belum dapat...

38 0

redaksi.co.id – 2 Tahun Raib, Tak Ada Tanda MH370 Ditemukan

, Jakarta – Dua tahun setelah pesawat Malaysia Airlines MH370 menghilang, penyelidik melaporkan belum dapat memecahkan salah satu misteri paling membingungkan dalam sejarah penerbangan.

Laporan progres penyelidikan tahunan setebal tiga halaman itu dirilis Malaysia pada Selasa, 8 Maret 2016, menandai ulang tahun kedua tragedi. Tidak terdapat informasi baru tentang penyebab bencana dan lokasi jatuhnya pesawat.

“Untuk saat ini, badan MH370 masih belum ditemukan meskipun pencarian terus dilakukan di Samudera Hindia selatan,” tulis laporan itu seperti dikutip The Guardian.

Di laporan itu disebutkan, tim investigasi sedang menyelesaikan analisis, temuan / kesimpulan dan rekomendasi keselamatan. Penyidik masih memeriksa delapan area utama yang mungkin terhubung dengan bencana, profil para awak, kargo pesawat dan mencari tahu mengapa MH370 dialihkan dari jalur penerbangan yang direncanakan.

Penerbangan MH370 menghilang pada 8 Maret 2014 tak lama setelah berangkat dari bandara internasional Kuala Lumpur dengan 227 penumpang dan 12 awak kapal. Pesawat berbelok ke barat sebelum menghilang dari radar sekitar 40 menit setelah lepas landas.

Penyelidik mencari puing hingga ke Samudera Hindia selatan, tempat di mana pesawat diduga kehabisan bahan bakar. Alasan pesawat berakhir di sana ketika sedang menuju ke arah utara Cina tetap menjadi teka-teki.

Banyak keluarga korban menduga ada konspirasi di balik hilangnya MH370. “Kami bukan penjahat. Mengapa mereka memperlakukan kami seperti ini?” Kata salah satu kerabat.

Link Xiaolan, yang anaknya berusia 51 tahun bepergian dengan pesawat, mengatakan dia tidak yakin dengan klaim bahwa MH370 jatuh ke laut. “Ada begitu banyak radar dan satelit di langit, bagaimana kita bisa tidak tahu kapan sebuah pesawat besar menghilang? Saya tidak percaya sama sekali,” katanya.

Sementara itu, dikutip dari laman Guardian, Menteri transportasi Australia, Darren Chester, mengatakan tiga negara yang terlibat dalam pencarian – Australia, Malaysia dan Cina – tetap berharap lokasi kecelakaan akan ditemukan. “Menemukan pesawat akan memberikan jawaban kepada dunia, khususnya keluarga yang kehilangan orang tercinta, tentang apa yang terjadi,” katanya. THE GUARDIAN | MECHOS DE LAROCHA

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!