Liverpool dan MU, Siapa Lebih Punya DNA Kompetisi Eropa?

148

redaksi.co.id – Liverpool dan MU, Siapa Lebih Punya DNA Kompetisi Eropa?

Untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, Liverpool dan Manchester United saling bertemu di kompetisi antarklub Eropa besutan UEFA. Panggung debut mereka ada di Liga Europa, yang sudah memasuki babak 16 besar.

Sudah menjadi rahasia umum jika kedua tim merupakan salah satu dari tim tersukses di Inggris. Puluhan gelar juara di level domestik berhasil didapatkan dalam periode tertentu. Baik Liverpool dan Manchester United, keduanya sudah memasang standar yang tinggi untuk standar kesuksesan di Liga Primer Inggris.

Tapi di Eropa, ceritanya sedikit berbeda. Ada perbedaan yang cukup signifikan yang ditorehkan kedua tim. Dan dari sini mungkin, hanya mungkin, bisa ditentukan siapa di antara kedua tim yang memiliki DNA lebih baik dalam berkiprah di kompetisi antarklub Eropa.

LIVERPOOL LEBIH SUKSES DI EROPA

Tak bisa dimungkiri, dalam satu dekade terakhir, Manchester United memiliki kesuksesan yang lebih baik dalam hal bermain di Liga Champions. Hampir di setiap musim ‘Setan Merah’ bisa ambil bagian di kompetisi antarklub terbaik Eropa itu. Sementara Liverpool lebih sering berkecimpung di kompetisi level kedua Liga Europa. Itu pun jarang menuai sukses berarti.

Namun demikian, bila berbicara trofi juara, Liverpool boleh berbangga hati. Tim yang kini ditangani Jurgen Klopp itu hanya kalah dari Real Madrid dan AC Milan dalam pengumpulan trofi juara. Sampai saat ini, sudah lima trofi ‘Si Kuping Lebar’ yang bisa dikumpulkan, plus tiga trofi Piala UEFA. Sementara United sejauh ini baru bisa mengoleksi tiga gelar juara Liga Champions dan belum sekali pun mendapatkan Piala UEFA.

Khusus untuk Liga Europa, atau yang sebelumnya dinamai Piala UEFA, Manchester United tak memenangi banyak laga di turnamen ini. Dari 26 laga sepanjang keikutsertaan di turnamen ini, hanya delapan partai yang bisa dimenangi. Bahkan faktanya, hanya sekali United bisa lolos dari babak awal di mana mereka memulai ambil bagian di turnamen ini, yaitu di musim 1984/85 dengan menundukkan Gyori dari Hungaria, PSV dan Dundee United sebelum dijegal Videoton.

Sementara Liverpool, tak sedikit catatan kesuksesan yang bisa disodorkan. Pada 2000/01, Liverpool bisa memenangi Piala UEFA dan sampai saat ini, sudah 56 laga dimenangi dari 109 duel.

PROSENTASE PERFORMA SEIMBANG DI EROPA

Tapi, bila melihat jumlah pertandingan kedua tim di kompetisi antarklub Eropa, dibandingkan dengan jumlah kemenangan yang sudah diraih, Liverpool dan Manchester United bisa dikatakan berada di level yang sama. Rekor Liverpool dan Manchester United bahkan bisa dikatakan identik.

Sampai saat ini, sudah 311 laga Eropa dijalani Manchester United, dengan total 162 kemenangan. Liverpool mencatat 164 kemenangan dari 310 pertandingan. Bila diprosentasekan, kemenangan Liverpool mencapai 52,9%, sementara Manchester United 52,1%. Tipis sekali, bukan?

Fakta sejarah ini menegaskan dominasi Liverpool atas Manchester United, tapi tidak dalam head-to-head kedua tim. Makanya pertemuan pertama dini hari nanti di Anfield akan bisa menjadi pembuka jalan untuk menentukan siapa di antara kedua tim yang pantas memposisikan diri sebagai yang terbaik di Inggris dan juga Eropa.

Untuk laga dini hari nanti, Liverpool jauh lebih diunggulkan 188bet meraih kemenangan dengan 2,07 ketimbang Manchester United yang hanya difavoritkan dengan 3,80, sementara hasil imbang antara kedua tim dengan 3,25.

Bila melihat fakta sejarahnya, United memiliki sejarah yang bagus melawan tim Inggris di kompetisi antarklub Eropa. Dari sembilan pertemuan melawan tim satu negara, ‘Setan Merah’ bahkan bisa meraih enam kemenangan dan dua hasil imbang.

(red/urista/urnamasari/NP)

loading...

Comments

comments!