8 Tips Hemat Uang yang Bebas Stres

redaksi.co.id - 8 Tips Hemat Uang yang Bebas Stres Baru juga gajian, tapi belum masih pertengahan bulan angkanya sudah mau habis. Padahal belum sempat membeli barang-barang...

28 0

redaksi.co.id – 8 Tips Hemat Uang yang Bebas Stres

Baru juga gajian, tapi belum masih pertengahan bulan angkanya sudah mau habis. Padahal belum sempat membeli barang-barang yang diinginkan.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Apa sebenarnya yang salah hingga menyebabkan uang begitu cepat habis?

Tidak perlu banyak bertanya, karena jawabannya jelas, Anda menggunakan uang tersebut tanpa perencanaan yang jelas. Terkadang, Anda sadar kalau sudah menggunakan uang tanpa memikirkan baik dan buruknya, yang penting senang saja. Kalau sudah begitu, hanya satu hal yang mesti dilakukan, yaitu berhemat.

Akan tetapi berhemat tidak selalu identik dengan hal yang membosankan kok. Berhemat juga bisa dilakukan tanpa perlu membuat stres diri sendiri. Bagaimana caranya? Ini dia pembahasannya

1. Bawa bekal

Untung kalau Anda masih tinggal dengan orang tua. Urusan makanan masih terjamin. Lebih baik lagi bila Anda membawa bekal dari rumah untuk mengurangi pengeluaran makan. Selain hemat, makanan rumah juga lebih sehat dan cocok di lidah.

2. Menu sharing

Kalau bosan dengan makanan yang itu-itu saja dari rumah, Anda tidak perlu khawatir. Ajak teman membawa bekal juga, dan ajak dia untuk share makanan dengan Anda. Alhasil, Anda bisa mendapatkan menu makanan yang lebih bervariatif dan tentu bisa belajar cara membuatnya dari teman.

3. Pilih transportasi murah

Kalau Anda terbiasa naik taksi, coba ganti dengan kendaraan lain yang lebih murah seperti naik ojek. Apalagi sekarang sudah ada ojek online yang murah dan nyaman. Banyak pilihan dan harganya pun kompetitif.

Kalau mau lebih hemat lagi, Anda bisa naik bus. Harganya yang ekonomis dipastikan bisa membantu Anda menghemat uang bulanan. Ada pula kereta commuter, harga tiketnya tidak mahal maksimal Rp 5.000.

4. Perawatan di rumah

Ini lagi tren dilakukan warga di ibu kota. Sekarang banyak masyarakat terutama wanita yang rela membeli beragam alat kecantikan agar tidak perlu lagi ke salon untuk melakukan beberapa perawatan yang bisa dilakukan sendiri.

Dengan begitu, pengeluaran ke salon hanya perlu dilakukan untuk perawatan yang sifatnya mesti dibantu orang lain saja. Memang, modal awalnya cukup besar, tapi efek ke depannya bisa membuat Anda berhemat cukup besar.

5. Bawa uang secukupnya

Semakin sedikit uang yang Anda bawa, maka akan semakin sedikit keinginan untuk membeli suatu barang. Secara otomatis, ini akan menekan keinginan Anda untuk berbelanja.

Selain itu, jangan bawa kartu kredit, karena itu akan memancing Anda untuk belanja karena fungsi alat itu yang ditujukan untuk mengganti transaksi dengan uang tunai. Selain itu, untuk berhemat, kegiatan ini juga berfungsi untuk memberi rasa aman bagi Anda.

6. Biasakan membuat daftar belanja

Kalau tidak ada daftar belanja, yakinlah kalau Anda bakal mengambil semua barang yang Anda inginkan tanpa memandang itu diperlukan atau tidak.

Di sinilah letak pentingnya membuat daftar belanja, karena dia akan membuat kita fokus untuk memenuhi kebutuhan lebih dulu dari hal-hal lain yang sifatnya bisa dinanti-nantikan.

Akan tetapi membuat daftar belanja saja kadang tidak cukup, karena terkadang kita tidak disiplin dengan apa yang sudah direncanakan sejak awal. Jadi, kuatkan mental, dan disiplinlah untuk tidak selalu mengikuti keinginan Anda.

7. Diskon itu wajib

Sebagian dari Anda, terutama para wanita pasti akan selalu tertarik dengan yang namanya diskon. Tidak ada yang salah dengan diskon, malahan itu adalah kabar gembira. Program ini bisa membantu Anda untuk menghemat pengeluaran.

Sayangnya, ini menjadi semacam jebakan agar Anda mau belanja lebih banyak karena harga barang yang dijual menjadi lebih murah.

Untuk itu, tetaplah disiplin meskipun Anda sudah membeli barang diskonan. Jangan buat kegiatan berhemat Anda rusak hanya karena berlebihan belanja barang diskon.

8. Manfaatkan hiburan gratis

Semua orang juga butuh hiburan. Namun, seiring pesatnya pertumbuhan ekonomi, semakin banyak juga jenis hiburan baru. Sayangnya, uang yang mesti dikeluarkan untuk menikmati hiburan itu juga tidak sedikit, malah cenderung mahal.

Karena itu, manfaatkan tempat-tempat hiburan gratis seperti taman kota yang memang disediakan khusus dari pemerintah bagi masyarakat. Anda juga bisa melakukan kegiatan menyenangkan di rumah seperti memasak masakan baru, ataupun menonton film dari dvd di rumah.

Berhemat Tidak Selalu Membosankan

Nah, sudah tahu kan cara berhemat tanpa membuat Anda stres? Lakukan semua yang ada di atas, dan disiplin terhadap penggunaan uang. Jangan buat keuangan Anda hancur hanya karena tidak bisa mengaturnya dengan baik. Jadi, ayo berhemat. (Ahm/Ndw)

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!