Wasit Royal Kartu Merah Pimpin Laga Liverpool vs MU

redaksi.co.id - Wasit Royal Kartu Merah Pimpin Laga Liverpool vs MU Wasit Carlos Velasco Carballo akan memimpin laga panas di Liga Eropa, Jumat dinihari, 10 Maret...

42 0

redaksi.co.id – Wasit Royal Kartu Merah Pimpin Laga Liverpool vs MU

Wasit Carlos Velasco Carballo akan memimpin laga panas di Liga Eropa, Jumat dinihari, 10 Maret 2016, yang mempertemukan dua musuh bebuyutan di Inggris, Liverpool dan Manchester United. Pemilihan Carballo sebagai pengadil menghangatkan bentrokan itu.

Carballo dikenal royal dalam mengeluarkan kartu. Menurut catatan Daily Mail, wasit asal Spanyol itu sudah mengeluarkan 74 kartu kuning dan enam kartu merah pada 12 pertandingan terakhir yang dipimpinnya. Sebelum menjadi wasit di UEFA dan FIFA, pria 44 tahun itu bertugas di La Liga sejak 2004.

Sikap royal terakhir ditunjukkan Carballo pada pertandingan La Liga antara Deportivo La Coruna dan Malaga pada Sabtu pekan lalu yang berakhir imbang 3-3. Pada partai tersebut, sang wasit delapan kali mencabut kartu kuning dan satu kali kartu merah.

Para penonton Inggris juga mengenal Carballo sebagai wasit yang memimpin laga pertama antara Paris St Germain dan Chelsea di Paris pada dua pekan lalu yang dimenangi tuan rumah 2-1. Ia juga memimpin partai final Liga Europa 2011 yang mempertemukan dua wakil Portugal, Porto dan Braga.

Salah satu pemain yang pernah menjadi korban “kegalakan” Carballo adalah Wojciech Szczesny. Kiper Polandia yang kini bermain di AS Roma itu diganjar kartu merah pada pertandingan Piala Eropa 2012.

Namun Carballo juga manusia. Ia bisa saja membuat kesalahan di balik sikap tegasnya. Salah satu yang masih diingat sampai kini adalah ketika ia menjadi wasit pertandingan Brasil melawan Kolombia di perempat final Piala Dunia 2014.

Carballo tidak memberikan hukuman kartu kepada Juan Zuniga, bek Kolombia yang telah mencederai punggung bintang Brasil, Neymar, dengan lututnya. Akibatnya, Neymar tidak bisa meneruskan aksinya di pesta sepak bola yang berlangsung di negerinya itu, dan Brasil tersingkir di semifinal. Keputusan Carballo yang tidak memberikan hukuman kepada Zuniga telah memicu kemarahan di Brasil.

Pertanyaannya, berapa kartu kuning dan merah yang akan dicabut Carballo saat Liverpool menjamu United? Sebab, partai itu dipastikan berjalan dengan panas, seperti beberapa kali sebelumnya.

Di liga lokal, dua klub tersebut termasuk yang memiliki catatan disiplin cukup bagus musim ini karena tak banyak pemainnya yang mendapat kartu. Namun, pekan lalu, masing-masing satu pemain tim itu terkena kartu merah di Liga Primer, yakni James Milner dari kubu Liverpool dan Juan Mata dari United.

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!