Formula 1 Dipastikan Tetap Mengaspal di Amerika Serikat

redaksi.co.id - Formula 1 Dipastikan Tetap Mengaspal di Amerika Serikat Balapan Formula 1 musim 2016 akhirnya batal terbuang dari Amerika Serikat. Salah satu seri adu kebut...

23 0

redaksi.co.id – Formula 1 Dipastikan Tetap Mengaspal di Amerika Serikat

Balapan Formula 1 musim 2016 akhirnya batal terbuang dari Amerika Serikat. Salah satu seri adu kebut jet darat tersebut dipastikan akan tetap tampil di Circuit of the Americas (COTA), Austin,Texas.

COTA pertama kali menjadi tuan rumah F1 pada musim 2012. Tahun lalu sirkuit ini bahkan menjadi panggung bagi keperkasaan Lewis Hamilton saat merebut gelar juara dunia F1 untuk ketiga kalinya.

Sayang, setelah itu nasibnya justru tidak jelas. COTA sempat terancam dicoret dari kalender F1 karena pemerintah Texas memutuskan untuk memotong anggaran bagi penyelenggaraan musim 2016.

Seperti dilansir Crash.net, saat COTA pertama kali menggelar balapan F1, pemerintah menjanjikan bantuan dana sebesar 25 juta USD per tahunnya. Namun belakangan angka tersebut dipotong menjadi 19,5 juta gara-gara dianggap tidak terlalu membantu peningkatan ekonomi di daerah itu.

Musim lalu, pihak penyelenggara memang sempat merugi. Badai yang menerjang membuat bahkan sempat membuat babak kualifikasi ditunda hingga Minggu pagi dan menciptakan balapan basah-kering yang membahayakan. Badai juga telah menyebabkan tingkat penjualan tiket menurun drastis.

Kalender resmi F1 2016 sebenarnya masih mencantumkan seri AS pada 21-23 Oktober. Namun statusnya sempat menunggu konfirmasi mengingat masalah finansial yang dihadapi penyelenggara. Kini kekhawatiran itu telah sirna, karena COTA dipastikan kembali menjadi tuan rumah F1 2016.

“Kami sangat senang mengumumkan bahwa F1 telah kembali lagi,” kata Epstein. “Sejak pertama kali menggelar event ini, 2012 lalu, kami mendapat banyak pengetahuan dan gagasan yang membuat kami mampu melakukan peningkatan signifikan untuk event yang kami yakin akan melanjutkan Formula 1 Amerika Serikat sebagai balapan yang menonjol di kalender F1,” beber pria yang juga CEO COTA itu.

Epstein juga menjanjikan akhir pekan yang fantastis selama balapan nanti. “Kami berharap bisa menyambut pendatang ke Texas dan ke Circuit of The Americas dengan janji akhir pekan yang indah.”

Musim ini, Indonesia juga mengirimkan wakilnya untuk tampil di Formula 1. Rio Haryanto, pembalap asal Solo menjadi pembalap Indonesia pertama yang akan tampil di ajang adu kebut jet darat tersebut. Pada musim ini, Rio Haryanto akan memperkuat tim asal Inggris, Manor Racing.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!