Menhub Jonan Minta Bandara Paling Selatan di RI Disempurnakan

redaksi.co.id - Menhub Jonan Minta Bandara Paling Selatan di RI Disempurnakan Menteri Perhubungan Igantius Jonan, melakukan inspeksi ke Bandar Udara D.C Saudele Pulau Rote, Nusa Tenggara...

11 0

redaksi.co.id – Menhub Jonan Minta Bandara Paling Selatan di RI Disempurnakan

Menteri Perhubungan Igantius Jonan, melakukan inspeksi ke Bandar Udara D.C Saudele Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Bandara tersebut merupakan bandara yang lokasinya paling selatan di Indonesia.

Kedatangan Jonan ke pulau tersebut disambut oleh Bupati Rote Lens Haning. Dalam lawatannya ke bandaratersebut,Jonan menyampaikan sejumlah hal penting.Dia mengatakan, meski sudah direnovasi tahun lalu, harus ada penyempurnaan di beberapa bagian bandara.

“Bandara Saudale sudah di renovasi sampai tahun lalu ada pelapisan runwaypembangunantaxiway, apron diperbaiki,” kata Jonan di Pulau Rote, Minggu (13/3/2016).

“Menurut saya perlu disempurnakan terutama terminal dirapikanlagi apron dan perkeraslandasan diperbaiki sehingga pesawat fully loaded naik turun di sini dari Kupang atau dari tempat lain,” tambah dia.

Mantan Dirut PT KAI ini berharap dengan disempurnakannya lagi bandara di Rote, di masa mendatang tak hanya pesawat dari Kupang yang bisa mendarat. Tetapi, pesawat yang terbang dari daerah lain bisa merasakan bandara udara D.C Saudele.

“Kalau perlu dari Denpasar ke sini. Kalau Surabaya ke sini mustinya bisa karena ATR-72 bisa mendarat di sini jadi perkeras runway, pemasangan pagar juga diperbaiki,” jelasnya.

Menteri Jonan menyatakan, penyempurnaan bandara D.C Saudele ditargetkan tidak terlalu lama diselesaikan. Dia yakin jika pengerjaan tersebut dilakukan serius maka pada pertengahan tahun sudah selesai.”Itu kalau mau dikerahkan semua Juni tahun ini bisa selesai,” tutur dia.

Bandara D.C Saudale Rote terletak di desa Sanggoen, kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Bandara itu merupakan bandara kelas III yang dikelola Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub,

Airport D.C Saudele memiliki panjang runway 1.650 m x 30 m dan mampu didarati pesawat jenis ATR 72 500/600.

Bandara D.C Saudale saat ini memiliki gedung terminal seluas 1170 m2 yang selesai dibangun pada tahun 2013. Sebelumnya gedung terminal hanya hanya seluas 120 m2.

Sementara, jam operasional yaitu mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WITA. Penerbangan menuju rote dilayani oleh maskapai Wings air dengan pesawat jenis ATR 500/600 dengan rute Kupang – Rote satu kali pergi pulang (PP) setiap harinya dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit.

Jadwal keberangkatan dari Kupang-Rote pkl 15.10 – 15.40 WITA dan Rote-Kupang 16.05 – 16.35 WITA dengan tarif sekitar 400.000 rupiah untuk satu kali perjalanan. (Gerry/Gdn)

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!