Peneliti Cari Cara Ungkap Identitas Teroris Dengan Biometrik

redaksi.co.id - Peneliti Cari Cara Ungkap Identitas Teroris Dengan Biometrik , Amerika Serikat - Pelaku terorisme selalu berusaha menutupi identitas dirinya rapat-rapat. Bahkan, mereka tidak...

30 0

redaksi.co.id – Peneliti Cari Cara Ungkap Identitas Teroris Dengan Biometrik

, Amerika Serikat – Pelaku terorisme selalu berusaha menutupi identitas dirinya rapat-rapat. Bahkan, mereka tidak ingin wajahnya dikenali. Karena itu mereka menutup hampir seluruh bagian tubuh mereka dari ujung kepala hingga ujung kaki. Langkah ini dilakukan untuk mengindari risiko “serangan” pesawat nirawak ataupun penangkapan oleh polisi.

Tetapi para peneliti baru saja menemukan cara mengungkap indentitas para pelaku kejahatan teror tersebut. Saat ini para peneliti tengah mengembangkan teknik identifikasi dengan biometrik, seperti dilansir Engadget.com, Senin 14 Maret 2016.

Biometrik adalah teknik mengenali seseorang berdasarkan ciri-ciri fisik, karakter, dan perilakunya secara otomatis. Pada proses pengenalan teroris ini digunakan penginderaan pola tangan yang digunakan para pelaku.

Teknik Biometrik ini memungkinkan proses pengenalan dengan memperhatikan ciri gerak tubuh atau gerak tangan yang dibuat pelaku. Salah satu contoh adalah jari tangan membentuk huruf V yang menandakan kemenangan.

Dengan menentukan gerakan jari, kesenjangan antar gerakan , peneliti dapat mengidentifikasi seseorang. Bahkan meski tidak menggunakan isyarat atau tanda apapun. Pada beberapa kasus, teknik biometri ini memiliki tingkat akurasi hingga 90 persen.

Karena belum sepenuhnya sempurna, pendekatan dengan teknik biometri ini masih membutuhkan referensi informasi tambahan untuk mengkonfirmasi identitas. Tim peneliti juga perlu meningkatkan tes untuk melihat apakah data bekerja baik ketika berhadapan dengan kelompok dalam jumlah besar dan juga ketika pelaku menggunakan sarung tangan saat beraksi.

Jika seluruh penelitian berjalan lancar, akan sangat mungkin bagi lembaga anti teror untuk bisa menggunakan sistem pengenalan ini untuk mengkonfirmasi keberadaan teroris yang ada di dalam video propaganda dan membawa mereka keluar dari persembunyiannya.

MAYA NAWANGWULAN | ENGADGET

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!