Masih Disanksi FIFA, Indonesia Tetap Diikutkan Undian Piala AFF

redaksi.co.id - Masih Disanksi FIFA, Indonesia Tetap Diikutkan Undian Piala AFF Federasi sepak bola ASEAN (AFF) tampaknya memahami benar popularitas Indonesia di kawasan Asia Tenggara. Sebagai...

33 0

redaksi.co.id – Masih Disanksi FIFA, Indonesia Tetap Diikutkan Undian Piala AFF

Federasi sepak bola ASEAN (AFF) tampaknya memahami benar popularitas Indonesia di kawasan Asia Tenggara. Sebagai bukti, meski saat ini PSSImasih terkena sanksi FIFA, AFFtetap memasukkan Timnas Indonesia sebagai peserta Piala AFFU-19 dan Piala AFFU-16.

Hal itu disampaikan ErwinDwi Budiawan, Wakil PresidenPSSI, seusai rapat internalTim Ad-HocPSSIdi kediaman AgumGumelar di Jakarta, Senin (14/3/2016) malam.

Erwinmengungkapkan Indonesia tetap dimasukkan dalam pot undian Piala AFFU-19 dan U-16. Undian sudah dilangsungkan di Da Nang, Vietnam, pada Minggu (13/3/2016), dalam rangkaian pertemuan Dewan AFF.

PSSI, yang masih disanksiFIFA, tetap mengirimkan perwakilan untuk memenuhi undangan. Kendati, utusan PSSIyang diwakili Erwintak banyak bicara dan lebih mengikuti jalanannya pertemuan secara pasif.

Dari hasil undian itu, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup B bersamaThailand, Laos,Myanmar,Australia, dan Kamboja. Putaran final Piala AFFU-19 2016 diselenggarakan di Hanoi, Vietnam, pada 11-24 September 2016.

Timnas Indonesia U-16 juga berada di Grup B untuk Piala AFFU-16 yang digelar di Phnom Penh, Kamboja, pada 10-23 Juli 2016. Selain Indonesia, Grup B dihuniThailand,Laos,Kamboja,Timor Leste, dan Brunei Darussalam.

Meski masuk dalam undian dan pembagian grup, Erwinmenegaskan status Indonesia di dua ajang itu masih bersifat tentatif. Hal itu berarti keikutsertaan Indonesia lagi-lagi berpulang pada sanksi FIFAyang saat ini masih membelenggu sepak bola Indonesia.

Bila sanksi FIFAsudah dicabut jelang penyelenggaraan dua ajang itu, Timnas Indonesia dipastikan langsung ambil bagian. Sebaliknya, jika sanksi belum dicabut, Indonesia bakal kehilangan kesempatan turun di Piala AFFU-19 maupun Piala AFFU-16 tahun ini.

Erwinmenambahkan AFFkemungkinan besar menanti kepastian keikutsertaan Indonesia hingga pertemuan teknik sebelum fase penyisihan grup dimulai.

Mantan anggota Komite Eksekutif PSSIdi kepengurusan PSSIperiode lalu itu berujar PSSIsangat ingin timnas di kedua kelompok usia itu tampil di Piala AFFU-19 dan U-16. Hanya, bila nantinyatimnas benar-benar bisa ikut serta alias sanksi FIFAsudah dicabut, ia menuturkan PSSItak akan langsung memberi target muluk-muluk pada timnas.

“PSSIpasti ingin timnas ikut dalam kegiatan AFF, meski kami juga belum tahu apakah pada saat itu sepak bola Indonesia masih diskorsingFIFAatau tidak. Nanti kalau timnas ikut, mungkin tidak akan ada target dulu. Menyembuhkan luka dulu, mungkin itu target khususnya,” ujar Erwin.

Sebagai catatan, Indonesia pernah menjuarai Piala AFFU-19 pada 2013. Ketika itu timnas yang dikenal dengan sebutan Garuda Jaya dilatih Indra Sjafridan menghasilkan salah satu generasi terbaik timnas usia muda di Tanah Air. Nama Evan Dimas, Ilham Udin, Putu Gede, M. Hargianto, dielu-elukan publik sepak bola nasional.

Hasil pengundian grup Piala AFF U-19 2016

Grup A: Vietnam, Malaysia, Timor Leste, Singapura, Filipina

Grup B: Thailand, Laos, Myanmar, Australia, Kamboja, Indonesia

Hasil pengundian grup Piala AFF U-16 2016

Grup A: Myanmar, Australia, Filipina, Malaysia, Vietnam, Singapura

Grup B: Thailand, Laos, Kamboja, Timor Leste, Brunei Darussalam, Indonesia

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!