Pahami 5 Hal Tentang Uang Ini

128

redaksi.co.id – Pahami 5 Hal Tentang Uang Ini

Uang merupakan alat tukar yang dapat diterima secara umum. Hampir semua orang di dunia bekerja demi mendapatkan uang sehingga mampu mencukupi kebutuhan yang dimiliki.

Namun, banyak orang yang belum paham betul mengenai bagaimana cara mengatur keuangan yang baik. Apabila mampu mengatur keuangan yang dimiliki maka Anda pun akan memiliki catatan keuangan yang baik. Melansir Business Insider, Senin (14/3/2016) berikut ulasannya:

1. Simpan 10 persen pengeluaran

Apabila Anda ingin memiliki tabungan yang cukup, maka harus mampu menyisihkan sebagian pengeluaran yang dimiliki. Sedikit demi sedikit hal ini nantinya berguna untuk mendukung keperluan di masa depan.

2. Bayar tagihan kartu kredit secara penuh

Adanya fasilitas bayar minimum tagihan kartu kredit bisa menguntungkan, tapi juga bisa membuat celaka. Bank menawarkan fasilitas bayar minimum tagihan kartu kredit per bulan bukan tanpa syarat.

Jika kita terlena oleh fasilitas ini dan terbiasa membayar jumlah minimal tagihan yang tertera pada lembar tagihan setiap bulan, bisa-bisa kita terjerat utang berjibun. Soalnya, bunga yang dikenakan bakal berlipat-lipat, dari bulan ke bulan, bergantung pada nilai transaksi yang belum dilunasi.

3. Penuhi tabungan pensiun

Dana pensiun merupakan dana yang dapat Anda manfaatkan ketika hari tua nanti. Dana tersebut berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nantinya.

4. Investasikan harta

Satu hal yang dapat Anda lakukan untuk dapat memiliki aset yang banyak adalah dengan menginvestasikan harta yang dimiliki. Investasi ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Anda bisa membuka deposito ataupun menanam uang di reksa dana.

5. Jangan buru-buru beli properti mahal

Properti mahal seperti rumah, mobil dan apartemen memang memiliki daya pikat tersendiri. Properti ini pun memiliki nilai investasi yang cukup besar. Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda membelinya ketika kondisi keuangan sudah stabil.

(vna/nrm)

(red//ainuddin/MZ)

loading...

Comments

comments!