PLN Tambah Pasokan Listrik untuk Jakarta

redaksi.co.id - PLN Tambah Pasokan Listrik untuk Jakarta PT PLN (persero) dan Pemprov DKI Jakarta menandatangani nota kesepakatan kerjasama penyediaan infrastruktur kelistrikan.Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan...

25 0

redaksi.co.id – PLN Tambah Pasokan Listrik untuk Jakarta

PT PLN (persero) dan Pemprov DKI Jakarta menandatangani nota kesepakatan kerjasama penyediaan infrastruktur kelistrikan.

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan listrik bagi masyarakat ibukota.

Nota kesepahaman ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan listrik warga Jakarta yang semakin hari semakin tinggi.

Saat ini dalam kurva beban harian setidaknya dibutuhkan kurang lebih 6.500 Mega Watt (MW) pada malam hari dan sekitar 7.300 MW pada siang hari.

Kami optimis bahwa kerjasama yang dibangun ini adalah respon kedua belah pihak demi meningkatkan infrastruktur kelistrikan di ibu kota, ujar Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir, Selasa (15/3/2016).

Senada dengan hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga menyambut baik kerja sama antara kedua belah pihak.

Dalam kesempatan ini Ahok juga menyampaikan rasa terimakasihnya karena tahun ini semua pompa berfungsi dengan baik.

“Kami ucapkan terima kasih untuk PLN, karena tahun ini pompa aman dan tidak ada yang mati, dan kami berharap lampu jalan nantinya bisa diganti dengan lampu LED yang menggunakan smart light sehingga semuanya terang,” ungkap Ahok.

Dalam nota kesepakatan ini juga dibahas terkait dengan penggunaan smart light sistem untuk lampu jalan di Jakarta yang artinya penggunaan lampu bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk saat ini pelayanan energi listrik Jakarta dipikul oleh 11 Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET), dengan tegangan 500 kilo Volt (kV) dan kapasitas trafo interbus 500 Mega Volt Ampere (MVA).

Dengan beban yang sangat tinggi, trafo IBT diantara GITET harus menanggung beban harian diatas 80 persen dari kapasitas normal, bahkan ada yang lebih dari 90 persen.

Artinya agar kelistrikan Jakarta dan sekitarnya tetap berjalan dengan baik, maka dibutuhkan penambahan kapasitas trafo.

Cara lain melalui penambahan jalur transmisi dan gardu induk baru agar pembagian energi dapat dipisahkan sesuai kebutuhan area dan wilayah.

Rencananya PLN akan menambah kapasitas dengan membangun GITET baru di lima lokasi dengan IBT 500 kV ke 150 kV yang berkapasitas minimal 500 MVA, dan direncanakan akan beroperasi pada tahun 2018 – 2019.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!