5 Rekrutan Terbaik Juventus Enam Tahun Terakhir

redaksi.co.id - 5 Rekrutan Terbaik Juventus Enam Tahun Terakhir Juventus mengalami masa-masa kelam sejak kasus Calciopoli pada tahun 2006 hingga 2010. Mereka tidak pernah menjadi juara...

46 0

redaksi.co.id – 5 Rekrutan Terbaik Juventus Enam Tahun Terakhir

Juventus mengalami masa-masa kelam sejak kasus Calciopoli pada tahun 2006 hingga 2010. Mereka tidak pernah menjadi juara selama periode tersebut.

Nasib Juventus baru berubah sejak Giuseppe Marotta ditunjuk sebagai direktur umum pada tahun 2010. Marotta dipercaya sebagai orang yang mengurus masalah transfer oleh presiden baru Juve Andrea Agnelli.

Marotta mampu membawa Juventus kembali ke masa kejayaannya. Mantan petinggi Sampdoria itu melakukan beberapa gebrakan yang sangat tepat. Salah satunya dengan merekrut Antonio Conte sebagai pelatih.

Selain Conte, Marotta juga mendatangkan beberapa pemain yang cocok sehingga mampu membawa Juve meraih empat gelar Scudetto beruntun dan satu trofi Coppa Italia.

Berikut lima rekrutan terbaik Juve dalam kurun enam tahun terakhir:

1. Paul Pogba

Tahun 2012 lalu Juventus memboyong Pogba dari Manchester United. I Bianconeri tak mengeluarkan uang sepeser pun. Pogba berstatus free transfer ketika itu.

Keberhasilan Marotta merayu Pogba pindah ke Turin sangat tepat. Di Juve, Pogba menjelma menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia.

Kini Pogba merupakan sosok tak tergantikan di lini tengah Juve. Pemuda Prancis itu juga sekarang diincar banyak klub kaya Eropa.

Pogba bahkan diperkirakan bisa memecahkan rekor pemain termahal dunia atas nama Gareth Bale jika mampu terus tampil ciamik bersama Juve.

2. Andrea Pirlo

Pirlo dibuang AC Milan pada tahun 2011. Disaat Pirlo disia-siakan Milan, Marotta datang menampungnya. Marotta berjudi mengambil Pirlo yang ketika itu permainannya menurun drastis.

Eks pemain Brescia itu didatangkan dengan bebas transfer. Keputusan berani Marotta ini ternyata sangat tepat. Pirlo bisa mengembalikan kemampuan terbaiknya bersama Juve.

Pirlo menjadi salah satu elemen penting keberhasilan Juve merebut empat Scudetto berturut-turut.

Pria 36 tahun itu mengabdi selama empat musim bersama Juventus. Musim panas lalu, Pirlo memilih hijrah ke Amerika Serikat.

3. Leonardo Bonucci

Boucci merupakan salah satu pembelian awal Marotta sejak bergabung dengan Juve. Bonucci dibeli senilai 15,5 juta euro dari Genoa.

Pemain nasional Italia itu sekarang jadi pemain pilar Juve di lini belakang. Kehadiran Bonucci membuat pertahanan Juventus sangat kokoh.

Saat ini Bonucci mampu membantu Juventus mencatat rekor clean sheet beruntun terbanyak di Serie A sebanyak 10 kali.

4. Andrea Barzagli

Barzagli didatangkan Juve tahun 2011 dari Wolfsburg. Langkah Juve ini awaanya dinilai sebagai sebuah perjudian karena Barzagli tampil buruk di VfL Wolfsburg.

Tapi seiring berjalannya waktu Barzagli mampu membayar kepercayaan Juve. Bersama Bonucci dan Giorgio Chiellini, Barzagli membuat lini belakang Juve sulit ditembus lawan.

Semenjak bergabung dengan Juve, karier Barzagli kembali menanjak. Pintu timnas Italia pun kembali terbuka bagi eks pemain Palermo itu.

Juve hanya membayar 600.000 euro saja untuk mendapatkan Barzagli.

5. Arturo Vidal

Tangan dingin Marotta membuat Juventus berhasil mendapatkan Vidal pada musim panas 2011. Juve mengalahkan beberapa klub kaya lain yang juga naksir Vidal.

Selama empat tahun memperkuat Juventus, Vidal merupakan salah satu pemain kesayangan fans. Vidal sukses mempersembahkan empat Scudetto dan satu Coppa Italia.

Vidal kemudian dijual Juve ke Bayern Muenchen pada musim panas 2015. Juve untuk cukup besar dari penjualan Vidal.

Pemain asal Chile itu dibeli senilai 10,5 juta euro dari Bayer Leverkusen dan kemudian dijual mencapai 40 juta euro.

© Giuseppe Marotta (EPA/MAURIZIO DEGL’ INNOCENTI) Giuseppe Marotta

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!