Tekuk Arsenal, Barca Melangkah Mulus ke Semifinal

redaksi.co.id - Tekuk Arsenal, Barca Melangkah Mulus ke Semifinal Barcelona sukses melaju ke babak perempat-final Liga Champions setelah meraih kemenangan 3-1 (agregat 5-1) atas perwakilan Inggris...

18 0

redaksi.co.id – Tekuk Arsenal, Barca Melangkah Mulus ke Semifinal

Barcelona sukses melaju ke babak perempat-final Liga Champions setelah meraih kemenangan 3-1 (agregat 5-1) atas perwakilan Inggris Arsenal di Camp Nou.

Luis Suarez kembali jadi starter melengkapi trio maut bersama Lionel Messi dan Neymar di lini depan Azulgrana sementara Arsene Wenger secara mengejutkan memasukkan Alex Iwobi menggeser Theo Walcott ke bench.

Di bawah guyuran hujan, sejak menit pertama Arsenal memperlihatkan aksi impresif meski bermain di kandang lawan. Pada menit kesepuluh Mesut Ozil lepas dari kawalan Andres Iniesta untuk merangsek di lini tengah, sayang kurangnya dukungan membuat bintang Jerman ini mengambil keputusan untuk melepaskan tembakan yang belum mengenai target.

Tekanan the Gunners berlanjut dan Arsene Wenger tampak puas melihat aksi timnya dari sisi lapangan namun di menit 18 justru tuan rumah yang membuka gol.

Setelah kehilangan bola dengan mudah di lini tengah, Barcelona langsung menyerbu dengan cepat. Suarez dengan jitu melihat pergerakan Neymar dan bintang Brasil ini melesat cepat ke kotak penalti dan mengarahkan bola ke tiang dekat untuk menggetarkan jala gawang.

Pada menit 36 Arsenal mengklaim penalti setelah Iwobi berdue ldengan Mascherano namun diabaikan wasit dan tayangan ulang Iwobi memang terjatuh sendiri.

Peluang terakhir Arsenal di babak pertama tercipta saat Ozil melepaskan crossing empuk kepada Alexis Sanchez namun gagal disambar sang penyerang Cile. Arsenal masih menguasai bola dan memberikannya pada Iwobi di kotak penalti namun tembakan keras sang youngster melambung.

Tekanan hebat Arsenal berlanjut di paruh kedua dan kerja keras mereka akhirnya berbuah gol pada menit 51 saat Mohamed Eleneny menyamakan kedudukan.

Sanchez yang menyerang dari sisi kanan melihat Elneny mendapat ruang di tepi kotak penalti dan cepat menyodorkan bola mendatar dansang bintang tidak menyia-nyiakan kans dengan mengarahkan gol kepojok atas gawang Ter Stegen.

Pada kedudukan sama kuat 1-1, Barcelona mengeluarkan reaksi positif dan balik mengurung pertahanan Arsenal dan bencana bagi tim tamu datang di menit 65 saat Suarez dengan jitu menyempurnakan umpan silang Dani Alves.

Arsenal belum menyerah, hanya dua menit setelah gol bomber Uruguay, Welbeck nyaris mencatatkan nama di papan skor tetapi tembakannya mengenai tiang gawang dan bola meninggalkan lapangan.

Di menit 80, Arsenal mencatat tiga peluang beruntun untuk menjebol gawang Ter Stegen tetapi tendangan Sanchez bisa ditepis sementara bola rebound Olivier Giroud mengenai badan kiper asal Jerman dan serangan berakhir dengan sepakan melambung Walcott.

Di menit 88 perjuangan Arsenal akhirnya benar-benar habis ketika Lionel Messi memperlihatkan magisnya. Umpan Neymar bisa diintersep Gabriel namun superstar Argentina bisa menguasai bola dengan dengan jitu mengecoh Ospina untuk mengubah skor menjadi 3-1.

Di masa injury time, Arsenal nyaris mendapat gol hiburan melalui Giroud namun bomber Prancis ini gagal menyempurnakan sodoran Walcott dari sisi kiri.

Dengan kemenangan ini Barcelona makin dekat dengan ambisi menjadi tim pertama yang mampu mempertahankan gelar Liga Champions sementara bagi Arsenal mereka bisa pulang ke London dengan kepala tegak berkat performa positif yang disuguhkan di Camp Nou.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!