Google Permudah UKM Beriklan Dengan AdWords Express

redaksi.co.id - Google Permudah UKM Beriklan Dengan AdWords Express JAKARTA -- Berdasarkan data 2015, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia berjumlah sekitar 57,9 pelaku...

28 0

redaksi.co.id – Google Permudah UKM Beriklan Dengan AdWords Express

JAKARTA — Berdasarkan data 2015, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia berjumlah sekitar 57,9 pelaku usaha. Sayangnya hanya sedikit dari pelaku usaha tersebut yang mempromosikan usahanya melalui iklan daring hingga website. Mengingat pentingnya promosi dalam memajukan usaha, Google Indonesia meluncurkan ‘AdWords Express’ untuk memudahkan pelaku usaha kecil menengah memasarkan produknya.

“Ini solusi periklanan online Google paling mudah untuk UKM, simpel dan mudah dilakukan,” terang Product Marketing Manager SMB Google Indonesia Mira Sumanti saat ditemui di kantor Google Indonesia, Kamis (17/3).

Produk Google yang dapat diakses melalui aplikasi pada PlayStore dan iOS ini memungkinkan para pelaku bisnis memasang iklan produk usahanya dalam waktu kurang dari 15 menit. Dengan menggunakan alogaritma Google, iklan yang dipasang oleh para pelaku bisnis UKM melalui ‘AdWords Express’ akan lebih tepat sasaran kepada konsumen yang tepat.

Versi sederhana dari ‘AdWords’ ini juga terintegrasi dengan ‘Google Bisnisku’ dalam menyalurkan informasi mengenai usaha para pelaku UKM dalam iklan yang terpasang. Menariknya, pelaku usaha dapat memasang sendiri anggaran per bulan mereka untuk memasang iklan dan biaya yang dikenakan pada para pemasang iklan disesuaikan dengan jumlah klik dan jumlah telepon yang didapatkan pelaku usaha dari pemasangan iklan tersebut.

Setelah mendaftarkan usaha dalam ‘AdWords Express’, pelaku usaha dapat mengisi sendiri nama usaha, penargetan iklan melalui jarak atau lokasi, hingga memilih kata kunci populer dalam mesin pencarian yang sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan. Pelaku UKM juga bisa menuliskan sendiri deskripsi usaha yang menarik dalam total 70 karakter untuk menarik minat para netizen dan calon konsumen.

“Pembayaran ada dua opsi, otomatis (sesuai dengan jumlah klik yang diterima) serta manual. Manual ini seperti pulsa, top up dulu kemudian akan terpakai sesuai penggunaan,” terang Online Specialist Google Jennifer Djajapranata.

Metode pembayaran untuk pemasangan iklan melalui ‘AdWords Express’ pun terbilang sangat mudah. Pelaku UKM dapat melakukan pembayaran dengan transfer dana melalui berbagai bank di Indonesia. Selain itu, pelaku UKM pun juga bisa melakukan pembayaran melalui PayPal, yang menggunakan kurs dolar Amerika.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!