Drama Politik Membayangi Penetapan Capres Republik

redaksi.co.id - Drama Politik Membayangi Penetapan Capres Republik REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ketua DPR AS Paul Ryan mengatakan, kemungkinan konvensi pencalonan presiden dari partai Republik semakin meningkat....

25 0

redaksi.co.id – Drama Politik Membayangi Penetapan Capres Republik

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Ketua DPR AS Paul Ryan mengatakan, kemungkinan konvensi pencalonan presiden dari partai Republik semakin meningkat. Konvensi akan dihelat pada musim panas ini.

Apabila tidak ada kandidat yang bisa meraih 1.237 delegasi Republik pada Juli, calon presiden partai untuk pemilihan November akan dipilih oleh delegasi konvensi di Cleveland, Ohio. Hal itu bisa menjadi drama politik empat hari yang disiarkan langsung televisi nasional.

Kandidat terdepan dari Partai Republik Donald Trump memperingatkan ‘kerusuhan’ jika dia ditolak pencalonan presiden dari partai setelah menang besar dalam pemilihan pendahuluan di Florida, Illnois, dan North Carolina pada Selasa lalu. Masih belum bisa dipastikan Trump bisa meraup 1.237 delegasi konvensi yang dibutuhkannya sebelum Juli.

Ryan mengecam komentar ‘kerusuhan’ Trump, dikatakan itu tidak dapat diterima bahkan mengisyaratkan kekerasan. Dia mengatakan, harus belajar proses konvensi karena akan memimpin acara dan ingin memastikan aturan hukum yang berlaku.

”Tidak ada yang berubah selain persepsi bahwa ini lebih mungkin untuk menjadi konvensi terbuka dari yang kita duga sebelumnya. Jadi, kita mendapatkan pikiran kita di sekitar ide bahwa ini bisa sangat mungkin mejadi kenyataan,” kata Ryan.

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!