5 Kalimat Ini Bisa Buat Anda Terjerat Utang

redaksi.co.id - 5 Kalimat Ini Bisa Buat Anda Terjerat Utang Laporan yang dikeluarkan Pew Charitable mengungkap masih banyak penduduk dunia yang terbelit masalah utang.Utang merupakan satu...

22 0

redaksi.co.id – 5 Kalimat Ini Bisa Buat Anda Terjerat Utang

Laporan yang dikeluarkan Pew Charitable mengungkap masih banyak penduduk dunia yang terbelit masalah utang.

Utang merupakan satu masalah keuangan yang sangat mengganggu. Satu hal yang belum banyak diketahui orang banyak adalah utang ini merupakan hasil dari persepsi yang Anda percaya sehari-hari.

Lalu pemikiran apa yang harus Anda dihindari kalau mau terbebas dari utang? Melansir Business Insider, Selasa (15/3/2016) berikut ulasannya:

1. Saya tidak tahu apa-apa tentang uang

Indonesia menduduki peringkat bawah dalam hal pengetahuan keuangan. Banyak orang Indonesia yang belum benar-benar paham akan keputusan keuangan yang sehari-hari mereka lakukan.

Untuk itu, pengetahuan keuangan ini sebaiknya langsung diberikan orang tua pada anaknya, mengingat orang tua sudah lebih berpengalaman.

Pengetahuan yang diajarkan dapat berupa bunga majemuk, cara kerja pajak hingga tips dan trik berinvestasi.

2. Saya tidak tahu cara kelola uang

Jika sering kehabisan uang sebelum tanggal gajian, berarti ada kemungkinan kamu mengalami masalah dengan jumlah pendapatan dan pengelolaan keuangan.

Menghadapi persoalan itu tentu bisa membuat pikiran frustasi, bahkan kita tak bisa menemukan cara untuk mengatasinya.

Barangkali, sebagian dari kita sudah mencoba bergaya hidup sederhana, tapi tetap saja uang yang dihasilkan tak cukup membantu diri sendiri untuk sekedar mencukupi kebutuhan sehari-hari.

3. Saya pantas dapat uang banyak karena sudah kerja keras

Pemikiran ini umum dirasakan oleh masyarakat. Banyak orang yang bekerja begitu keras hanya untuk mengumpulkan uang dalam hidupnya.

Padahal, karier yang baik bukanlah hanya soal memikirkan soal gaji semata. Pengalaman dan ilmu yang Anda dapat selama bekerja merupakan sesuatu yang mempunyai nilai lebih berharga.

4. Saya beli barang diskon

Ketika musim diskon hadir, segenap pecinta belanja menyambutnya dengan suka cita. Karena, pada dasarnya semua orang, baik perempuan dan pria, sama-sama menyukai diskon. Akan tetapi banyak orang yang terkadang kehilangan kendali saat berbelanja barang diskon.

Satu aturan praktis untuk menjaga keadaan uang Anda stabil dan tidak diracuni oleh godaan diskon yaitu dengan bertanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut.

Meskipun diskon yang diberikan sangat menggiurkan, namun jika Anda tidak membutuhkannya maka akan lebih baik jika Anda tidak membelinya

5. Kalau saya punya uang banyak, pasti semuanya akan lebih mudah

Tidak semua hal dapat terselesaikan dengan mudah karena memiliki uang yang banyak. Anda harus mengerti bahwa uang bukan melulu merupakan jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi.

Ada hal lain yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah bagaimana Anda bertanggung jawab dari tiap kelakuan yang ada. (vna)

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!