5 Pembalap Unggulan F1 2016: Dari Hamilton Hingga Vettel

redaksi.co.id - 5 Pembalap Unggulan F1 2016: Dari Hamilton Hingga Vettel Perhelatan Formula 1 2016 tinggal menghitung hari. Selain Rio Haryanto dari Manor Racing, aksi para...

22 0

redaksi.co.id – 5 Pembalap Unggulan F1 2016: Dari Hamilton Hingga Vettel

Perhelatan Formula 1 2016 tinggal menghitung hari. Selain Rio Haryanto dari Manor Racing, aksi para pembalap top juga begitu dinantikan pecinta otomotif dunia.

Dominasi Lewis Hamilton dan Mercedes di dua musim terakhir memang membuat persaingan F1 sedikit membosankan. Namun, bukan berarti F1 bakal minim perhatian. Setidaknya, atraksi para pembalap top lain tetap menarik perhatian.

Jika dirangkum, ada lima pembalap yang berpotensi unjuk gigi di F1 2016. Sebagian besar memang sudah jadi langganan bursa juara. Namun, jangan lupakan keberadaan Valtteri Bottas, pembalap Williams, yang berpotensi menjadi ancaman besar.

Berikut 5 Pembalap Unggulan F1:

1. Lewis Hamilton

Pembalap asal Inggris itu layak disebut sebagai yang terbaik di lintasan F1 saat ini. Bakat dan kemampuannya memang sudah tercium sejak ia melakukan debutnya di F1 pada 2007. Pasca juarai GP2 2006, Hamilton yang tunggangi McLaren langsung melesat dengan duduk di posisi 2 klasemen pembalap F1 2007.

Tak butuh waktu lama, ia juga langsung sukses amankan gelar juara dunia F1 2008. Sejak itu pula namanya langsung diperhitungkan di dunia balap. Meski begitu, Hamilton juga sempat dipaksa puasa gelar selama musim 2009-2013.

Penantiannya akan sebuah gelar baru berakhir di musim 2014. Bersama Mercedes, ia melesat jadi pembalap terhebat saat itu. Bahkan, ia kembali melahap gelar juara dunia di musim 2015.

Berkat sumbangsih Hamilton pula Mercedes sukses amankan gelar juara dunia konstruktor di dua musim itu. Tak heran jika namanya kembali ada di posisi teratas bursa juara F1 2016.

2. Nico Rosberg

Rosberg bisa disebut sebagai pembalap yang tak beruntung di dua musim terakhir F1. Padahal, aksinya bersama Mercedes begitu memukau. Sukses Mercedes meraih dua gelar juara dunia konstruktor tak lepas dari kontribusinya.

Sialnya, ia tak cukup beruntung karena ada di tim yang sama dengan Hamilton. Meski sama-sama diberkati dengan mobil super cepat, faktanya Rosberg masih kalah lihai dari Hamilton saat di lintasan.

Itu yang membuat Rosberg hanya mampu mengamankan status runner up di musim 2014 dan 2015. Di dua musim itu, Rosberg tertinggal 67 poin dan 59 poin dari Hamilton.

Di F1 2016, motivasi Rosberg untuk menghentikan dominasi Hamilton tentu makin menggebu-gebu.

3. Sebastian Vettel

Nama pembalap asal Jerman ini memang harus selalu masuk dalam daftar kandidat juara. Ia adalah pembalap yang sudah mengukir banyak rekor di lintasan F1.

Pencapaian fantastisnya tentu saja saat ia melahap empat gelar juara dunia secara beruntun. Prestasi itu diukir Vettel bersama Red Bull di musim 2010-2013.

Setelah sempat menghilang dari persaingan di musim 2014, Vettel muncul dengan semangat baru menyusul kepindahannya ke Ferrari. Secara mengejutkan ia kembali jadi pesaing Mercedes di F1 2015.

Di akhir musim, ia sukses menempel duo Mercedes dari posisi 3 klasemen pembalap. Di F1 2016, tentu saja Vettel akan kembali jadi ancaman serius untuk setiap penantang gelar.

4. Kimi Raikkonen

Musim 2014 adalah pengalaman terburuk buat seorang Raikkonen. Maklum, juara dunia F1 2007 yang sempat hijrah ke Rally dan NASCAR itu harus terlempar ke urutan 12 klasemen pembalap.

Untung, Raikkonen mampu belajar dari kesalahan yang ia lakukan. Bersama Vettel, ia membuat Ferrari jadi pesaing serius di F1 2015. Mengumpulkan 150 poin, Raikkonen duduk di posisi 4.

Di F1 2016, bukan tak mungkin kecepatan Raikkonen mampu merusak dominasi Mercedes. Apalagi, Mercedes sendiri sudah mengakui Ferrari sebagai calon musuh utama mereka di musim baru.

5. Valtteri Bottas

Bicara pengalaman, Bottas memang masih sangat minim. Maklum, ia baru resmi jadi pembalap utama di F1 pada musim 2013. Rapornya saat itu juga terbilang buruk, yakni finis di posisi 17.

Meski begitu, Bottas sukses menunjukkan konsistensi yang luar biasa di dua musim terakhir. Bersama Williams, pembalap berusia 26 itu finis di urutan empat dan lima.

Itu yang membuat Bottas dijadikan sebagai kandidat kuat pengganggu Mercedes dan Ferrari di barisan terdepan. Jadi, baik Hamilton, Rosberg, Vettel, dan Raikkonen wajib mewaspadai ancaman pria asal Finlandia ini.

(red/udianto/R)

In this article
  • Uncategorized

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!