Ini yang Diharapkan dari Smart City

redaksi.co.id - Ini yang Diharapkan dari Smart City , Jakarta - Manager Field System Enginer F5 Network Indonesia Andre Iswanto mengatakan teknologi mengkoneksikan berbagai informasi...

12 0

redaksi.co.id – Ini yang Diharapkan dari Smart City

, Jakarta – Manager Field System Enginer F5 Network Indonesia Andre Iswanto mengatakan teknologi mengkoneksikan berbagai informasi diseputar kehidupan manusia ke dalam sebuah layanan kemudahaan melalui perangkat teknologi.

Keseluruhan kemudahan dan perangkat tersebut diciptakan dan ditujukan untuk membuat kualitas hidup manusia menjadi lebih baik. Dari teknologi itu kemudian lahir Internet of Things, di mana segala sesuatu bisa dilakukan atau dibantu diselesaikan dengan penggunaan teknologi utamanya internet, kata Andre di Jakarta, Jumat 18 Maret 2016.

Internet Of Things tersebut kemudian banyak dimanfaatkan oleh pemerintah maupun swasta untuk menciptakan sebuah kota pintar atau Smart City yang mampu mengelola informasi di seluruh kota menjadi informasi yang mempermudah kehidupan masyarakatnya. Beberapa kota yang sudah mulai menerapkan Smart City adalah Bandung dan Jakarta.

Dengan menempatkan sensor, perangkat, kamera, chip dan lainnya beragam informasi bisa diakses lewat aplikasi oleh warga yang mengunduh dan memakai aplikasi, kata Andre.

Informasi cepat kemudian bisa dimanfaatkan oleh warga pengguna atau pihak penyelenggara pemerintahan untuk memperbaiki segala temuan yang nampak dari informasi dalam aplikasi. Dari informasi itu Dinas Perhubungan bahkan Kepolisian bisa mengatur waktu atau durasi yang tepat untuk pengaturan lampu lalu lintas, ujar Andre.

Informasi dari aplikasi tersebut yang berasal dari berbagai sumber tersebut bahkan bisa dijadikan latar belakang untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Andre mengatakan dari keberadaan teknologi, informasi dan perangkat teknologi, masyarakat pengguna membutuhkan informasi yang cepat, tepat dan akurat.

Selain itu masyarakat juga membutuhkan informasi terintegrasi menjadi sebuah informasi data yang akurat. Masyarakat berharap dengan adanya kemudahan dan Smart City, keamanan dan ketertiban bermasyarakat bisa tercipta dan dikendalikan. MAYA NAWANGWULAN

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!