Kata Ketua KEIN Soal Fenomena PHK di Industri

redaksi.co.id - Kata Ketua KEIN Soal Fenomena PHK di Industri Perlambatan ekonomi global menghantam hampir semua negara tak terkecuali Indonesia. Hal tersebut berimbas pada kinerja industri...

25 0

redaksi.co.id – Kata Ketua KEIN Soal Fenomena PHK di Industri

Perlambatan ekonomi global menghantam hampir semua negara tak terkecuali Indonesia. Hal tersebut berimbas pada kinerja industri yang imbasnya terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK).

Ketua Komisi Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mengakui adanya PHK. Namun menurutnya, jumlahnya tidak sebesar yang dikabarkan. PIhaknyajuga sudah melakukan kajian terhadap fenomena ini.

“KEIN di samping membuat roadmap melakukan kajian yang berkembang misal PHK tadi. PHK terlalu dibesar-besarkan memang ada beberapa tutup karena tidak kompetitif,” katanya di kantor redaksi Liputan6, SCTV Tower, Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Soetrisnojuga mengatakan, bunga bank menjadi salah satu faktor industri dan usaha kecil bisa meningkat pesat. Bunga kita 20-18 persen bunga luar negeri 2 persen paling tinggi 6 persen,” tuturnya.

Dikatakannya, faktor lain adalah kurangnya infrastruktur yang mendukung industri. Namun demikian, dia mengatakan pemerintah kini tengah menggenjot pembangunan infrastruktur yang diyakini bakal segera menggerakan roda ekonomi lebih kencang.

Salah satunya adalah program kelistrikan 35 ribu megawatt (MW). Menurutnya, itu sangat penting, karena bisa memicu industrialisasi.

“Listrik seperti gula, semut akan mengikuti,” jelas dia.

Lebih lanjut, pihaknya mengakui selama ini Indonesia terlena oleh komoditas sehingga lupa untuk mengembangkan industri. Alhasil, Indonesia kewalahan ketika harga komoditas anjlok.

“Cuma kita baru sadar bahwa dulu terlalu menghamburkan waktu dan dana mengarahkan waktu kita tidak ke industrialisasi karena jual mentah saja,” tandasnya. (Amd/Zul)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!