Sunan Kalijaga: Zaskia Gotik Harusnya Dirangkul

redaksi.co.id - Sunan Kalijaga: Zaskia Gotik Harusnya Dirangkul Kuasa hukum Zaskia Gotik, Sunan Kalijaga menuturkan, jika kliennya lebih baik dibina dan diberi pengetahuan soal rasa nasionalisme,...

69 0

redaksi.co.id – Sunan Kalijaga: Zaskia Gotik Harusnya Dirangkul

Kuasa hukum Zaskia Gotik, Sunan Kalijaga menuturkan, jika kliennya lebih baik dibina dan diberi pengetahuan soal rasa nasionalisme, bukan malah dilaporkan ke polisi.

Sunan menilai, apa yang dilakukan Zaskia bukan karena unsur kesengajaan. Melainkan karena ia tidak sengaja dan tidak tahu apa yang ditulisnya itu telah melecehkan negara.

“Ini tidak hanya dialami seorang Zaskia Gotik. Kenapa orang yang berpendidikan tinggi malah melaporkan. Seyogyanya Zaskia diberi somasi kecaman media, bukan dilaporkan,” ujar Sunan.

“Kalau nggak ngerti didorong masuk penjara gimana? Apa ngga ironis? Ketika salah, harusnya dirangkul untuk dibina dan diperbaiki,” lanjutnya di kantor Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI), Kawasan Cideng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/3/2016).

Sunan menyayangkan sejumlah pihak yang langsung gegabah melaporkan Zaskia kepada pihak polisi. Padahal kata Sunan, kalau Zaskia diberitahu dan dinasihati ia memberontak, baru seharusnya dilaporkan.

“Kalau memang sudah melakukan tahapan binaan dan Zaskia sombong nggak mau dibina, nggak usah repot-repot kalian yang lapor, kami juga akan mendukung dia agar dapat pelajaran,” tegas dia.

Ia sehingga saat ini rela mendukung dan mendampingi Zaskia, lantaran kliennya tidak paham dan tidak mengetahui apa yang dilakukannya telah melanggar hukum.

“Klien kami menyampaikan beribu maaf bahwa klien kami memiliki wawasan atau nasionalisme atau pendidikan minim. Seseorang yang tidak bermaksud, dianggap pelecehan atau penghinaan. Dia sampaikan maaf tidak ada maksud dan tujuan melecehkan negara,” tutur Sunan.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!