Satu Kotak Hitam Pesawat Flydubai Telah Ditemukan

redaksi.co.id - Satu Kotak Hitam Pesawat Flydubai Telah Ditemukan Komite Investigasi Rusia melaporkan timnya telah menemukan kotak hitam pesawat maskapai Flydubai yang jatuh pada Sabtu (19/3/2016).Kotak...

48 0

redaksi.co.id – Satu Kotak Hitam Pesawat Flydubai Telah Ditemukan

Komite Investigasi Rusia melaporkan timnya telah menemukan kotak hitam pesawat maskapai Flydubai yang jatuh pada Sabtu (19/3/2016).

Kotak hitam tersebut ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat Boeing 737-800 FZ981 itu, yaitu di Rostov-on-Don, Rusia.

“Sebuah kotak hitam ditemukan di area lokasi kecelakaan. Kondisinya tengah diperiksa oleh tim ahli,” jelas perwakilan Komite Investigasi Rusia, Vladimir Markin.

Ia mengatakan kotak hitam kedua masih dalam target operasi pencarian.

Sebagai informasi, sebuah pesawat umumnya memiliki dua kotak hitam atau perekam suara, yaitu Cockpit Voice Recorder (CVR) dan Flight Data Recorder (FDR).

CVR atau kotak hitam kokpit difungsikan untuk merekam percakapan pilot dan co-pilot, serta apapun yang terjadi di ruang kokpit.

Kotak hitam itu biasanya diletakkan di bagian belakang pesawat, tepatnya di bawah jendela penumpang dekat pintu keluar pesawat bagian belakang.

Sedangkan, FDR difungsikan untuk merekam data-data berkaitan dengan penerbangan, seperti suhu, cuaca, dan lainnya.

FDR biasanya diletakkan lebih di belakang, tepatnya persis di bawah sirip ekor.

Sebelumnya, tim investigasi telah menemukan dokumen penerbangan dan tengah mempelajari langkah-langkah yang diambil layanan darurat bandara atas kejadian itu.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!