Pertamina Buka Universitas, Cetak 1.000 Sarjana per Tahun

redaksi.co.id - Pertamina Buka Universitas, Cetak 1.000 Sarjana per Tahun Universitas Pertamina, di bawah naungan Pertamina Foundation membuka pendaftaran calon mahasiswa baru dari pelajar Sekolah Menengah...

20 0

redaksi.co.id – Pertamina Buka Universitas, Cetak 1.000 Sarjana per Tahun

Universitas Pertamina, di bawah naungan Pertamina Foundation membuka pendaftaran calon mahasiswa baru dari pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU) maupun Kejuruan tingkat akhir yang berniat melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Target perguruan tinggi yang baru saja berdiri ini mencetak lulusan 1.000 mahasiswa pada 2016.

Rektor Universitas Pertamina Akhmaloka, mengungkapkan, pihaknya menggelar pameran pendidikan untuk kali pertama. Pameran yang diberi nama Universitas Pertamina Education Fair ini merupakan ajang sosialisasi seluruh kegiatan, fakultas dan program studi yang ditawarkan Universitas Pertamina.

“Kurikulum dan proses pembelajaran di universitas ini dirancang untuk menanamkan kemampuan berpikir secara kritis dan menyelesaikan masalah kompleks melalui tugas dan proyek terkait dengan teknologi dan bisnis energi,” katanya saat membuka Education Fairdi GOR Universitas Pertamina, Jakarta, Minggu (20/3/2016).

Universitas Pertamina memiliki 6 fakultas dan 15 program studi (prodi) Strata-1, yaitu:

1. Fakultas Perencanaan Infrastruktur dengan prodi Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan

2. Fakultas Teknologi Industri dengan prodi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik

3. Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi dengan prodi Teknik Geofisika, Teknik Geologi, dan Teknik Perminyakan

4. Fakultas Sains dan Komputer dengan prodi Kimia dan Ilmu Komputer

5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan prodi Manajemen dan Ilmu Ekonomi

6. Fakultas Komunikasi dan Diplomasi dengan prodi Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional

“Targetnya 5-6 tahun ke depan, beberapa program studi terakreditasi internasional, sehingga lulusan kami bisa bekerja di mana-mana. Mau bekerja di Amerika Serikat saja ditanya terakreditasi internasional tidak,” terang Akhmaloka.

Pada acara pameran pendidikan ini, semua pelajar kelas akhir dan lulusan SMU atau SMK mulai 2014 ke bawah berkesempatan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di Universitas Pertamina secara langsung. Selain itu, Try Out SBMPTN yang dilaksanakan juga memberikan kesempatan kepada peserta dengan nilai tertinggi untuk mendapakan fasilitas kemudahan bebas biaya pendaftaran.

Ujian Try Out dilaksanakan dalam dua gelombang, dimana peserta telah mendaftar terlebih dahulu melalui website Universitas Pertamina, www.universitaspertamina.ac.id maupun mendaftar langsung di lokasi.

Pendaftaran Universitas Pertamina akan dibuka secara online pada tanggal 7 April 2016 mendatang. Sedangkan, ujian masuk Universitas Pertamina gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2016.

Target 1.000 Lulusan

Akhmaloka menargetkan, Universitas Pertamina mewisuda 1.000 mahasiswa setiap tahun. Dengan begitu, pihaknya dapat membantu pemerintah dalam mencetak generasi muda berkompeten di bidang energi dan mampu bersaing di tingkat global.

“Targetnya mencetak 1.000 lulusan walaupun baru dibuka. Setiap tahun targetnya segitu. Lulusan Universitas Pertamina tidak hanya akan bekerja di Pertamina saja, tapi di seluruh perusahaan energi nasional maupun multinasional, baik di Indonesia maupun di luar negeri,” tuturnya.

Oleh sebab itu, tambah Akhmaloka, pihaknya akan mempersiapkan generasi muda yang bukan hanya paham dan pandai dalam akademis, tapi juga mengerti seluk beluk industri migas maupun energi pada umumnya.

“Kami menyebutnya sarjana plus, fundamental atau dasar ilmu pengetahuan diajarkan seperti yang diterapkan di ITB, UI di tingkat I. Lalu tingkat II engineering science dan tingkat III serta IV diajarkan soal industri dari beberapa praktisi di Pertamina, anak usaha Pertamina maupun mitranya. Supaya mahasiswa tahu bagaimana permasalahan industri, dan lainnya,” pungkasnya. (Fik/Zul)

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!