BMKG: Equinox Terjadi Hari Ini Fenomena Alamiah

redaksi.co.id - BMKG: Equinox Terjadi Hari Ini Fenomena Alamiah Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menilai equinox yang terjadi hari ini merupakan kejadian yang biasa. Fenomena...

33 0

redaksi.co.id – BMKG: Equinox Terjadi Hari Ini Fenomena Alamiah

Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menilai equinox yang terjadi hari ini merupakan kejadian yang biasa. Fenomena tersebut sebenarnya juga pernah berlangsung pada 21 Maret 2015 lalu.

“Betul hari ini ada equinox,fenomena itu pernah juga terjadi pada tanggal 21 di tahun sebelumnya (2015),” kata Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi BMKG Hary Tirto Djatmiko saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Namun begitu, lanjut Hary, masyarakat diminta tidak terlalu khawatir terhadap dampak yang ditimbulkan. Fenemona equinox ditegaskan dia sebagai kondisi alamiah.

“Fenomena yang wajar dan fenomema alamiah. Itu merupakan kejadian pergerakan mataharai yang tepat di atas khatulistiwa. Masyaraat tidak usah khawatir,” ujar Hary.

Dia menyatakan, equinox tersebut juga akan terjadi selama 2 kali dalam tahun ini. Yaitu pada 21 Maret dan 23 September 2016.”Tidak ada dampaknya apa-apa,” ujar dia.

Dia menyatakan fenomena equinoxini bisa dijadikan sebagai tanda dari perpindahan musim. Baik itu dari musim hujan ke panas maupun sebaliknya.

“Tahunan fenomena equinox penanda bergantinya musim, dari hujan ke kemarau maupun sebaliknya. Masuknya equinox itu sebagai transisi musim,” ucap Hary.

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!