WWF Bangun Laboratorium Edukasi Air di Bandung

redaksi.co.id - WWF Bangun Laboratorium Edukasi Air di Bandung , Bandung - Bertepatan dengan peringatan Hari Air Sedunia, organisasi World Wildlife Fund (WWF) for Nature...

29 0

redaksi.co.id – WWF Bangun Laboratorium Edukasi Air di Bandung

, Bandung – Bertepatan dengan peringatan Hari Air Sedunia, organisasi World Wildlife Fund (WWF) for Nature Indonesia membuka Laboratorium Edukasi Air di Rumah Belajar Bumi Panda, Bandung, Selasa, 22 Maret 2016. Laboratorium mini seukuran 6 meter persegi tersebut terbuka sebagai ruang belajar siswa sekolah dan umum, termasuk memeriksakan kondisi air minum, keran, dan sungai.

Laboratorium Air tersebut bagian dari program pelestarian air dan sungai yang dipusatkan di kawasan Rimbang Baling, Riau. Staf WWF bagian air bersih, Stephanie Theng, mengatakan laboratorium air juga dibuat di Rimbang. Di Bandung karena berupa laboratorium sains mini, rombongan siswa dan umum harus bergantian karena kapasitas ruangan hanya 6 orang, kata dia. Laboratorium di Bandung menjadi yang pertama dibuat WWF.

Staf program WWF, Agus Hariyanto, mengatakan ada empat tes yang bisa dilakukan di laboratorium ini. Uji itu meliputi uji tingkat keasaman dan basa air, zat padat yang terlarut atau endapan, tes mikroba, dan kandungan logam. Selebihnya informasi tentang air dan kondisi air yang diuji, katanya di sela acara.

Di ruang laboratorium, pelajar diajak menjadi ahli konservasi air. WWF menyiapkan kertas lembar kerja yang memandu kegiatan pelajar. Pengujian mikroba, menggunakan alat mikroskop yang ditampilkan di televisi layar lebar.

Pengukuran kadar asam dan basa memakai kertas lakmus. Jika warna kertas berubah menjadi merah artinya sifat asam di air tergolong kuat (pH7). Laboratorium edukasi air itu dibuat WWF bersama Bank HSBC.

ANWAR SISWADI

(red/oudlon/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!