Ilmuwan Australia Kembangkan Baju yang tak Perlu Dicuci

redaksi.co.id - Ilmuwan Australia Kembangkan Baju yang tak Perlu Dicuci Peneliti Universitas RMIT di Melbourne, Australia kini mengembangkan baju yang nantinya tidak perlu dicuci. Hanya dengan...

18 0

redaksi.co.id – Ilmuwan Australia Kembangkan Baju yang tak Perlu Dicuci

Peneliti Universitas RMIT di Melbourne, Australia kini mengembangkan baju yang nantinya tidak perlu dicuci. Hanya dengan sinar matahari semua noda bisa hilang karena tekstilnya dikembangkan menggunakan teknologi nano.

Peneliti dari RMIT di Melbourne tersebut sekarang mengembangkan tesktil yang bisa membersihkan sendiri, dengan mengembangkan struktur nano di tekstil. Bahan tersebut bila terkena sinar akan mengeluarkan energi yang bisa mematikan unsur organik.

Dengan sinar matahari, atau bahkan sinar dari lampu bisa menghilangkan noda pada tekstil tersebut. Menurut para peneliti tersebut, langkah berikutnya adalah mengembangkan tekstil antibakteri yang bisa membunuh bakteri yang biasa dikenal sebagai superbugs.

Rajesh Ramanathan, salah seorang anggota dari tim peneliti di Laboratorium Riset Ian Potter NanoBioSensing Facility and NanoBiotechnology di RMIT mengatakan timnya bekerja menggunakan struktur dari bahan perak dan tembaga, yang memang dikenal memiliki kemampuan mengabsorsi cahaya.

“Pada dasarnya yang kami lakukan adalah menggunakan tekstil katun, dan kami menggunakan beberapa metodologi untuk mengembangkan struktur nano di tekstil tersebut, dan ketika struktur itu sudah terbentuk, kami kemudian kami menyinari tekstil tersebut. Karena struktur nano ini dibuat dari bahan metal yang bisa menerima cahaya, maka dengan adanya cahaya, partikel nano ini akan muncul di permukaan. Dan karenanya adanya energi dari sinar, partikel itu bisa membunuh bahan organik, dan itulah cara kerjanya menghilangkan noda,” kata Ramanathan.

Ramanathan mengatakan dari dua bahan yang digunakan, satu bekerja sangat cepat sehingga proses degradasi berjalan selama enam sampai 10 menit setelah adanya penyinaran.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: Presiden Reagan Luncurkan Perang Dingin di Luar Angkasa

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!