Lagi, 19 Tewas Gara-gara Kecelakaan Tambang di Cina

redaksi.co.id - Lagi, 19 Tewas Gara-gara Kecelakaan Tambang di Cina , Beijing - Kecelakaan di tambang batu bara kembali terjadi di Cina. Petaka terbaru ini...

20 0

redaksi.co.id – Lagi, 19 Tewas Gara-gara Kecelakaan Tambang di Cina

, Beijing – Kecelakaan di tambang batu bara kembali terjadi di Cina. Petaka terbaru ini diyakini paling dahsyat yang pernah terjadi tahun ini. Setidaknya 19 orang tewas dalam kecelakaan pada Rabu malam di tambang dekat wilayah utara Shanxi, milik perusahaan Shanxi Datong Coal MineGroup.

Seperti yang dilansir oleh laman Al Jazeera pada Kamis, 24 Maret 2016, Liga Pemuda Komunis wilayah itu, melalui media sosial resminya, menyatakan 129 penambang bertugas ketika peristiwa tersebut dan 110 orang dinyatakan selamat sementara penyebab kejadian masih dalam penyelidikan.

“Penyebab kecelakaan masih belum diketahui. Bisa saja api, kebocoran gas, atau banjir,” kata Florence Looi, wartawan Al Jazeera di Beijing.

Cina merupakan produsen batu bara terbesar di dunia. Kecelakaan maut di sektor itu dianggap hal biasa. Pejabat pemerintah mengatakan, jumlah kematian di pertambangan negara itu jatuh tajam sejak dekade lalu, kurang dari 1.000 tahun.

Diketahui, banyak kecelakaan terjadi karena korupsi dalam kalangan pengusaha yang mencari keuntungan besar dibandingkan dengan keselamatan pekerja. Setidaknya 21 orang tewas dalam kebakaran di sebuah tambang di wilayah timur laut Heilongjiang pada bulan November 2015.

Awal bulan ini di Provinsi Jilin sebelah timur laut, setidaknya 12 orang disebutkan tewas setelah adanya kebocoran gas di sebuah pertambangan batu bara. Pemerintah telah mengatakan bahwa perbaikan keamanan telah mengurangi angka kematian dalam beberapa tahun terakhir.

Angka kematian dalam kecelakaan pertambangan selama 2014 mencapai 930 jiwa, kontras dengan statistik pada 2002, ketika 7.000 orang tewas dalam kecelakaan tambang. AL JAZEERA | YON DEMA

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!