5 Pelatih Sepak Bola Terbaik Sejak Pergantian Abad

redaksi.co.id - 5 Pelatih Sepak Bola Terbaik Sejak Pergantian Abad Peran seorang pelatih dalam sebuah tim sepak bola sangatlah penting. Tak heran klub rela merogoh kocek...

13 0

redaksi.co.id – 5 Pelatih Sepak Bola Terbaik Sejak Pergantian Abad

Peran seorang pelatih dalam sebuah tim sepak bola sangatlah penting. Tak heran klub rela merogoh kocek dalam untuk membajak atau mempertahankan pelatih yang dimiliki.

Ada beberapa pelatih yang dikategorikan sukses pada 100 tahun terakhir. Meski berganti klub, namun mereka tak berhenti memberikan gelar.

Lalu siapa saja deretan pelatih tersukses sejak abad ke-20. Berikut ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber:

Rafael Benitez masuk dalam daftar pelatih tersukses dalam 100 tahun terakhir. Pelatih Newcastle United itu tercatat sudah memberikan 13 gelar sejauh ini.

Benitez memulai kariernya sebagai pelatih pada tahun 1993. Saat itu ia ditunjuk sebagai bos bagi Real Madrid Castilla.

Namun tugas berat pertamanya dimulai ketika menangani Valencia pada tahun 2001. Tetapi dia sukses memberikan tiga gelar sebelum pindah ke Liverpool tiga tahun kemudian.

Di Liverpool, Benitez pun meraih sukses dengan sumbangan empat gelar. Ia kembali menyumbangkan gelar setelah pindah dari Liverpool dan bergabung ke Inter Milan, Chelsea, dan Napoli.

Carlo Ancelotti merupakan salah satu pelatih paling disegani di dunia saat ini. Pasalnya, ia selalu sukses bersama tim yang ditanganinya.

Sebagai pelatih, karier Ancelotti sama cemerlangnya ketika menjadi pemain. Ia memulai kariernya sebagai pelatih tahun 1995 ketika menangani Reggiana.

Namun trofi pertamanya baru diperoleh ketika menangani Juventus tahun 1999. Ia memperoleh gelar Piala Intertoto atau gelar satu-satunya bersama Si Nyonya Tua.

Sejak pindah dari Juventus, karier Ancelotti sebagai pelatih justru meningkat. Ia sukses menyumbang delapan gelar bagi AC Milan, tiga gelar bagi Chelsea, satu gelar bagi PSG, dan empat gelar bagi Real Madrid. Total Ancelotti menyumbang 18 gelar sejak pergantian abad.

Meski berstatus sebagai manajer tersukses di Inggris, namun di dunia Alex Ferguson menempati peringkat ketiga sejak pergantian abad. Pasalnya, legenda MU itu hanya menyumbangkan 18 gelar sama seperti Ancelotti.

Ferguson mulai menangani MU sejak tahun 1986. Namun trofi pertamanya baru didapat pada tahun 1989/90.

Sejak saat itu Ferguson seperti tak terbendung. Pria asal Skotlandia itu membawa MU meraih 38 gelar, termasuk 13 gelar Liga Inggris.

Ferguson memutuskan pensiun pada tahun 2013. Kini ia menjabat sebagai salah satu Direktur di MU dan duta klub.

Usia Pep Guardiola masih 45 tahun, jauh dibawah pelatih lainnya. Namun urusan gelar, maka prestasi Guardiola boleh diadu.

Ya, meski baru memulai karier kepelatihan pada tahun 2007, namun Guardiola sudah menyumbang 19 gelar. Ia mampu membawa Barcelona dan Bayern Muenchen mendominasi persepakbolaan dunia.

Bersama Blaugrana, ia sukses menyumbang 14 gelar. Sementara di FC Hollywood ia menyumbang lima gelar.

Musim depan Guardiola bakal melatih Manchester City. Sehingga bukan tak mungkin trofinya akan terus bertambah.

Jose Mourinho merupakan pelatih tersukses sejak pergantian abad. Manajer asal Portugal itu telah menyumbangkan 22 gelar sejak tahun 2000.

Mourinho memulai kariernya sebagai pelatih pada tahun 2000 di Benfica. Namun trofi pertamanya baru didapatkan ketika menangani Porto pada musim 2002/03.

Setelah itu trofi seolah tak berhenti didapatkan Mou. Ia mampu menyumbangkan gelar bagi Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid pada setiap musimnya.

Sekarang Jose Mourinho masih menganggur usai dipecat The Blues Desember lalu. Tetapi kabarnya ia akan kembali ke pinggir lapangan dengan melatih MU musim depan.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!