Xavi Hernandez: Johan Cruyff Tanamkan Filosofi Barcelona

redaksi.co.id - Xavi Hernandez: Johan Cruyff Tanamkan Filosofi Barcelona OLEH DEDE SUGITASebagaimana disampaikan Xavi Hernandez, sepakbola atraktif yang identik dengan Barcelona di era modern adalah berkat...

43 0

redaksi.co.id – Xavi Hernandez: Johan Cruyff Tanamkan Filosofi Barcelona

OLEH DEDE SUGITA

Sebagaimana disampaikan Xavi Hernandez, sepakbola atraktif yang identik dengan Barcelona di era modern adalah berkat filosofi yang ditanamkan Johan Cruyff.

Legenda besar Blaugrana dan Belanda itu berpulang pada Kamis(24/3) kemarin akibat kanker. Xavi, yang berbicara di hadapan media tentang Cruyff hanya beberapa hari sebelum ia wafat, mengutarakan peran krusial mantan pemain juga pelatih Barca tersebut untuk perkembangan dan kesuksesan klub.

“Mengubah filosofi sepakbola Barcelona akan luar biasa sulit.Dan kami akan membuat kesalahan besar jika mempertimbangkan untuk mengubah filosofi tim,” kata eks jenderal lapangan tengah Barca yang kini memperkuat Al Sadd di Qatar itu kepada New Arab.

“Johan Cruyff menanamkan filosofi tim 30 tahun lampau dan sejak itu filosofi tersebut belum berubah.”

“Setiap pelatih memiliki pemikiran sendiri tentang bagaimana timnya harus bermain, [Pep} Guardiola mencapai kesempurnaan dalam kepelatihannya dan [Luis] Enrique mengembangkan tim menurut pemikirannya dengan mengandalkan Neymar, [Luis] Suarez, dan tentu[Lionel] Messi.”

“Perbedaannya adalah Barcelona sekarang ini tidak membutuhkan 50 operan untuk mencapai gawang lawan dan mencetak gol. Berkat tiga pemain ini [], menciptakan kesempatan tidak memerlukan banyak operan.”

“Enrique tidak mengubah filosofi Barcelona, ia mengevolusi tim sambil tetap berpegang pada filosofi inti. Kesalahan terbesar yang mungkin terjadi kepada Barcelona adalah mendatangkan seorang pelatih yang memiliki filosofi sendiri yang ingin ditanamkannya pada tim.”

“Berkat filosofi ini kami telah memenangi banyak gelar,” tuntas Xavi.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!