Serie A Italia Tak Nyaman Buat Pelatih

redaksi.co.id - Serie A Italia Tak Nyaman Buat Pelatih Menjalani karir di Serie A Italia sebagai pelatih tidak bisa dikatakan nyaman. Pasalnya sewaktu-waktu ada kemungkinan bisa...

24 0

redaksi.co.id – Serie A Italia Tak Nyaman Buat Pelatih

Menjalani karir di Serie A Italia sebagai pelatih tidak bisa dikatakan nyaman. Pasalnya sewaktu-waktu ada kemungkinan bisa dipecat.

Ya, demikianlah hasil penelitian CIES Football Observatory. Di Serie A, pelatih tak memiliki karir panjang. Dari hasil penelitian yang dilakukan, pengalaman rata-rata pelatih yang berkiprah di Serie A hanya berjalan sembilan bulan.

Kompetisi kedua yang kurang nyaman untuk pelatih adalah di La Liga Spanyol. Di sana, pelatih rata-rata hanya bisa bertahan selama sepuluh bulan.

Bundesliga Jerman bisa dikatakan lebih nyaman, atau setidaknya bisa menyudahi satu tahun kalender berkiprah di sana, dengan rata-rata pelatih di sana menjalani karir selama 13 bulan.

Di Inggris, tepatnya di Liga Primer, setidaknya sudah ada enam klub yang memutuskan memecat pelatih mereka di musim ini. Namun demikian, Liga Primer masih terbilang ramah untuk para pelatih, karena setidaknya mereka bisa berkiprah di sana selama 14,5 bulan.

Arsene Wenger tentunya menjadi pelatih paling nyaman bila berbicara soal kenyamanan bekerja. Pelatih Arsenal itu sudah menjalankan tugasnya tanpa sekali pun dipecat selama 233 bulan sejak menangani Arsenal pada 1996.

Sementara di Ligue 1 Prancis, pelatih bisa berkiprah lama. Setidaknya selama 16 bulan mereka bisa menjalankan tugasnya.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!